Mohon tunggu...
Rudy Hidayat
Rudy Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta || 20107030146

Hanya melakukan apa yang disukai selama tidak melanggar aturan dan yang menjadi kewajiban, selebihnya tidak ada.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Blackbeard, Bajak Laut Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

3 Maret 2021   22:05 Diperbarui: 6 Maret 2021   10:03 223 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Blackbeard, Bajak Laut Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
history.com/

Bagi kalian yang pernah nonton film Pirates of The Caribbean pasti sudah tidak asing dengan yang namanya bajak laut, atau bagi kalian penggemar animasi One Piece karya Eiichiro Oda. 

Nah, disini saya akan membahas salah satu bajak laut yaitu Edward Teach atau yang paling dikenal dengan julukan Blackbeard, dimana Blackbeard ini merupakan bajak laut paling terkenal sepanjang sejarah.

Edward Teach atau Blackbeard diperkirakan lahir pada tahun 1683 di Bristol, Britania Raya, Inggris. Nama asli Blackbeard ini tidak jelas, ada yang bilang kalau nama aslinya itu Edward Teach, Edward Thatch, Edward Thache, dan Edward Tack. Tetapi disini saya memakai nama Edward Teach karena ini adalah nama dia yang paling terkenal. 

Teach kemungkinan dibesarkan di keluarga yang cukup kaya sehingga dia bisa mengakses pendidikan yang cukup tinggi. Minimal dia bisa membaca dan menulis, karena waktu zaman itu tidak semua orang bisa membaca dan menulis. Pada zaman itu, pendidikan hanya bisa diakses oleh kaum-kaum tertentu .

Sebelum menjadi bajak laut, Teach bekerja sebagai seorang Privateer di perang Anglo-French pada awal abad ke-18. Privateer ini merupakan bajak laut yang terikat kontrak dengan suatu kerajaan. Privateer ini memang ditugaskan untuk merampok armada kapal kerajaan lawan, jadi serangan atau perampokan yang mereka lakukan sudah mendapatkan izin dari kerajaan tempat mereka mengabdi.

Teach mengawali karir bajak lautnya dengan bergabung ke kelompok bajak laut Benjamin Hornigold yang pada saat itu merupakan salah satu bajak laut yang paling ditakuti di Karibia. Hornigold memberikan perintah kepada Blackbeard untuk menjarah kapal dari tahun 1716 sampai tahun 1717. 

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, mereka berdua menjadi pasangan yang ditakuti diantara musuh-musuhnya. Sampai akhirnya Hornigold menerima tawaran dari kerajaan berupa pengampunan, dia meninggalkan Edward Teach yang menolak tawaran tersebut dan tetap menjadi bajak laut.

Di tahun yang sama juga Teach yang mulai solo karir bertemu dengan Stede Bonnet yang mempunyai julukan “The Gentleman Pirate” mantan pegawai militer yang baru saja menjadi bajak laut. Entah bagaimana detailnya, Teach akhirnya berhasil menjadi kapten di kapalnya Bonnet yang bernama “The Revenge” yang kemudian dia ganti namanya menjadi "Queen Anne's Revenge"

Beberapa bulan kemudian Teach pergi ke St. Vincent, disana dia menyerang kapal yang bernama “La Concorde” sebuah kapal yang sedang membawa lima ratus budak ke perkebunan gula, akhirnya kapalnya diambil alih oleh Teach, sebagian budak menjadi kru-nya Teach, dan sebagiannya lagi ditinggal di pinggir pantai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN