Mohon tunggu...
Rudiansyah
Rudiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Albanasir

Rudiansyah seorang pemuda asal kota Pontianak yang kini berstatus sebagai mahasiswa di sebuah kampus di Kalimantan Barat. Ia hobi membaca buku dan menulis di beberapa media massa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hidup Minimalis

25 Oktober 2021   19:10 Diperbarui: 25 Oktober 2021   19:15 94 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hidup adalah takdir yang sudah ditentukan sang pencipta. Sebagai wujud kemanusiaan ini yang telah hadir di muka bumi harus memiliki tujuan dengan adanya kehidupan ini. Semua perbuatan akan dipertanggung jawabkan masing-masing. Namun, terlepas dari itu kita harus bisa mengelola dan menata kehidupan kita agar tidak tergelincir dalam kesengsaraan.

Dalam hidup ini sesuatu harus diatur dan di tata dengan baik salah satunya dari finansial agar kehidupan yang kita jalan sehari-hari merasa cukup tidak terjadi suatu kekurangan dalam memenuhi kebutuhan. Banyak sekali di antara kita ingin hidup seperti orang lain seperti nongkrong di caf, belanja di mall, dan lainnya sehingga lebih tampak kekinian di hadapan publik. Seharusnya kita dapat bercermin dengan keadaan kita saat ini.

Jangan sampai gaya hidup kita melampaui batas penghasilan atau pendapatan dari hasil bekerja kita. Ini akan menjadi suatu bencana bagi kita sendiri. Dari segi finansial kita cukup membeli barang yang memang untuk kebutuhan bukan keinginan. Artinya dengan barang yang dibutuhkan tersebut dapat memenuhi keperluan kita sehari-hari jangan sampai barang yang kita beli hanya untuk "ingin" tidak berguna ketika sudah dibeli.

Di samping itu, kita harus menyisihkan beberapa rupiah dari penghasilan atau pendapatan kita untuk mendermakan melalui berbagai donasi-donasi amal kebaikan. Dengan mendonasikan sebagian rezeki kita dapat menjadi suatu bantuan bagi pihak yang memerlukannya. Tidak akan merugi bagi mereka yang mendermakan sebagian hartanya kepada orang lain bahkan Tuhan telah berjanji akan melipatgandakan rezeki seseorang yang mendermakan hartanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan