Mohon tunggu...
Prima Trisna Aji
Prima Trisna Aji Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Spesialis Medikal Bedah S3 PhD Lincoln College University Malaysia

Dosen Spesialis Medikal Bedah S3 PhD Lincoln College University Malaysia

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bahaya Konsumsi Buah Durian Terlalu Banyak Bisa Tingkatkan Serangan Jantung

8 Februari 2024   15:01 Diperbarui: 8 Februari 2024   16:16 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahaya buah Durian apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa sebabkan serangan jantung/Foto : Era ID

Bagi masyarakat Indonesia buah -- buahan merupakan makanan tambahan favorit yang dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, buah - buahan tumbuh subur di negara Tropis tersebut.

Salah satu buah yang menjadi favorit ketika musim buah adalah Buah Durian. Buah Durian merupakan salah satu buah favorit dinegara Indonesia. Bahkan tak jarang banyak kalangan dari menengah ke bawah hingga menengah ke atas rela ke luar kota untuk berburu buah Durian tersebut.

Buah Durian merupakan buah yang sangat digemari di negara Indonesia, bagaimana tidak? Rasa dan aroma buah durian yang menggoda ini membuat orang yang mencium aromanya serasa ingin menikmatinya.

Saking menariknya, terkadang banyak orang yang tidak sadar kalau mereka terlalu banyak makan buah Durian. Ternyata banyak orang yang belum mengetahui bahwa makan durian terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bahaya konsumsi buah durian terlalu banyak telah banyak dijelaskan dalam penelitian  di dalam dan luar negeri. Ternyata  terlalu banyak makan durian bisa menyebabkan serangan jantung.

Ternyata selain hal tersebut, terlalu banyak mengonsumsi durian juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan  lain seperti pusing, tekanan darah rendah atau hipotensi, dan lain sebagainya.

Durian  menjadi salah satu buah yang tidak disarankan bagi penderita penyakit jantung koroner, karena pada buah durian terbukti mengandung banyak  senyawa yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Buah durian mengandung senyawa sulfur yang dapat memperlambat kadar alkohol dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar alkohol dalam tubuh dan  menyebabkan keracunan.

Selain itu, terlalu banyak makan durian dapat menyebabkan  kadar koiestrol meningkat drastis. Oleh karena itu, tidak baik bagi penderita penyakit jantung koroner jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

 Dokter Jantung Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA dari Siloam Hospital mengatakan bahwa Buah Durian baik dikonsumsi apabila tidak berlebihan, karena suatu yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan manusia. Sebaiknya jangan makan lebih dari 3 buah durian dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun