Mohon tunggu...
Prima Trisna Aji
Prima Trisna Aji Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Makanan Sehat bagi Penderita Jantung Koroner

3 November 2022   21:51 Diperbarui: 3 November 2022   21:59 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika menjelaskan makanan sehat bagi jantung di chanell youtube/Photo by : Dokpri

Solo -- Jantung memiliki fungsi yang sangat vital bagi manusia dikarenakan melalui jantung maka nutrisi serta darah diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung merupakan organ tubuh manusia yang tidak akan istirahat seumur hidup dan terus berdetak. Jantung akan istirahat apabila manusia telah meninggal dunia. Makanan merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Pada penderita jantung koroner pada fungsi jantung mengalami gangguan dikarenakan pembuluh darah jantung tersebut mengalami penyumbatan sehingga bisa menyebabkan kegagalan jantung ataupun kematian mendadak. Maka dari itu para penderita jantung koroner harus mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk menjaga jantung supaya tetap sehat.

Ada 10 makanan sehat bagi jantung yang bisa memberikan nutrisi serta menjaga jantung tetap sehat serta berdetak. Makanan yang pertama adalah sayuran hijau dimana pada sayuran hijau mengandung vitamin C, folat, kalium, kalsium, vitamin E dan serat yang bisa mencegah penyumbatan pada jantung. Sehingga apabila rutin mengkonsumsi makanan ini maka fungsi jantung akan berjalan dengan baik.

Makanan yang kedua adalah Ikan salmon dan tuna, dimana makanan ini sangat bagus bagi penderita jantung koroner dikarenakan tinggi akan kandungan omega 3 dan asam lemak yang memiliki fungsi mencegah peradangan pada pembuluh darah jantung. Penyakit yang ditimbulkan oleh peradangan sangat efektif apabila mengkonsumsi rutin ikan salmon dan tuna setiap hari.

Makanan yang ketiga yang baik untuk kesehatan jantung adalah Oatmeal dimana oatmeal mengandung senyawa anti peradangan dan anti oksidan yang bisa menurunkan kolesterol didalam tubuh manusia. Selain itu Oatmeal juga efektif mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

Selanjutnya makanan kacang juga bagus untuk kesehatan jantung dikarenakan memiliki kandungan nitronutrein yang tinggi dimana akan membuat tubuh menjadi kenyang sehingga mengurangi kadar kalori didalam tubuh.

Anggur memiliki kandungan yang bagus untuk jantung dimana dalam kandungan anggur bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri pada jantung. Selain itu pada kulit anggur putih bisa melindungi epitel pada pembuluh darah jantung dimana endotel merupakan kulit pada pembuluh darah.

Buah selanjutnya yang bagus untuk kesehatan jantung adalah buah Alpukat dimana buah ini mengandung seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat efektif menurunkan kolesterol didalam tubuh manusia.

Buah beri dan buah apel juga baik untuk kesehatan jantung dimana buah ini dapat enangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan jantung manusia. Selain itu buah apel dan beri apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan bisa menurunkan kadar kolesterol didalam darah yang bisa menyebabkan plak pembuluh darah pada jantung.

Selanjutnya makanan sehari -- hari yang sering kita konsumsi yaitu Tahu ternyata juga bisa menurunkan kolesterol didalam darah karena kandungan kedelai didalamnya yang dapat menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun