Mohon tunggu...
Ruang Musik
Ruang Musik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi Universitas Pertamina

Berita seputar musik di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Institut Musik Jalanan Bawa Pengamen Jalanan Naik Kelas

19 Januari 2023   04:42 Diperbarui: 19 Januari 2023   09:49 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Sembilan tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Andi Malewa dalam membangun dan mempertahankan suatu institusi yang bernama Institut Musik Jalanan

Dalam 9 tahun, Andi melewati perjalanan yang berlika-liku dalam membangun Institut Musik Jalanan hingga sampai saat ini. Institut Musik Jalanan (IMJ)merupakan sebuah lembaga kurasi, lisensi, dan akses ngamen dalam ruang publik. IMJ hadir atas dasar kerisauan seorang pendiri akan ketidakadilan yang dialami oleh para pengamen jalanan.

Institut Musik Jalanan (IMJ) adalah sebuah institut yang menampung para pengamen jalanan untuk mengembangkan kemampuannya dalam menulis lagu, melakukan rekaman musik, hingga mengajarkan cara agar dapat tampil didepan publik. 

Misi dari IMJ sendiri yaitu untuk melakukan tata kelola profesi pengamen jalanan dengan cara membuat dan menerbitkan lisensi agar musisi jalanan dapat diberikan akses untuk tampil di tempat-tempat publik. 

Sejak tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ikut membantu memperkenalkan Institut Musik Jalanan kepada masyarakat Indonesia. 

Kehadiran IMJ memberikan ruang baru kepada pengamen jalanan, agar mereka mendapat hak dalam menuangkan potensi dalam bidang bermusik yang mereka miliki.

Masyarakat kerap meremehkan profesi orang yang mencari sumber mata pencaharian di jalanan, salah satunya pengamen. Tak jarang pengamen jalanan tidak dihargai hingga diusir. 

Mengaca dari negara lainnya, profesi pengamen jalanan di luar negeri sangat dihargai oleh negaranya. Kualitas dalam bermusik yang mereka miliki lah yang menjadi kunci profesi pengamen jalanan di luar negeri sangat diapresiasi. 

Melihat hal tersebut membuat Institut Musik Jalanan termotivasi untuk membuat pengamen jalanan di Indonesia naik kelas. Sejalan dengan slogan yang mereka miliki, pengamen naik kelas. Adanya IMJ menjadi jawaban atas ketidakadilan yang dialami oleh pengamen jalanan.

Para pengamen jalanan yang bergabung kedalam Institut Musik Jalanan sebelumnya harus melewati berbagai macam proses. Anggota IMJ yang terdaftar hingga saat ini sudah mencapai 3000 orang, namun yang sudah mendapat lisensi hanya sekitar 500 orang. 

Lisensi wajib dimiliki oleh anggota, bagi mereka yang ingin tampil di ruang publik. Sehingga anggota yang ingin memiliki lisensi perlu melewati tahap kurasi, dan bersaing secara sehat dengan anggota lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun