Mohon tunggu...
Ruaida
Ruaida Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN ar-raniry

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Prodi hukum keluarga

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tafakur

6 Juli 2020   13:58 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:49 7 1 0 Mohon Tunggu...

Allah SWT, Berfirman dalam (QS. Al-hijr : ayat 85) yang artinya :

"Dan tidaklah kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan benar, dan sesungguhnya (kiamat) itu pasti akan datang maka maafkanlah mereka dengan cara yang baik"

Ayat di atas menyatakan bahwa, sesungguhnya Allah menciptakan langit dengan segala keindahannya, bintang yang berkelap-kelip bulan yang bersinar terang dan matahari yang senantiasa menerangi. Begitu juga bumi yang di ciptakan Allah dengan segala aksesoris yang dimilikinya, dan sesunguhnya hari kiamat itu benar adanya.

Berbicara mengenai tafakur, kita harus tau bahwa tafakur adalah suatu perenungan dengan melihat dan menganalisis segala sesuatu yang ada di sekitar kita, yang bertujuan untuk mendapatkan keyakinan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kebesaran sang khalik Allah SWT.

Yang mana tafakur sendiri adalah ibadah yang dilakukan dengan menggunakan fikiran dengan cara merenungi segala ciptaan Allah SWT dan beragam tanda kebesarannya Allah SWT.

Banyak kebesaran Allah yang perlu kita renungkan atau fikirkan, seperti tafakur tentang alam.

Alam adalah satu dari sekian banyak ciptaan Allah SWT, yang menyimpan banyak keindahan tafakur alam adalah salah satu cara untuk mengenal diri sendiri, dengan bertafakur Kuta sadar bahwa sangat banyak nikmat yang Allah berikan.

Alam yang indah dengan pegunungan yang menjulang tinggi, lautan yang membentang luas dan tumbuhan yang berwarna hijau, membawakan kesan yang indah bagi setiap insan yang melihatnya. Tafakur alam menyadarkan kita bahwa pentingnya bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan, nikmat bernafas, melihat, dan masih banyak nikmat lain yang senantiasa diberikan oleh Allah SWT.

Tidak hanya bertafakur tentang alam, bertafakur tentang udara juga mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT. Yang mana udara dan angin berfungsi untuk menyuburkan tumbuh- tumbuhan, dan sudah tentu untuk keluar dan masuknya oksigen dan karbondioksida dalam pernafasan manusia, itu adalah satu dari sekian banyak manfaat udara.

Itu lah kuasa Allah yang tampa kita sadari setiap hari selalu kita nikmati, dikarenakan oleh itu kita harus senantiasa bersyukur agar kita selalu merasa cukup dan tidak sombong, dan bertafakut tidak hanya tentang alam dan udara tetapi masih banyak yang bisa kita fikirkan /renungkan, seperti tafakur air, awan, langit dan masih banyak lainnya yang bisa kita renungkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x