Mohon tunggu...
Fito Risqulah
Fito Risqulah Mohon Tunggu... Mahasiswa Undip

Mahasiswa Undip

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Bantu Menghadapi Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Membuat Inovasi Ini

8 Agustus 2020   00:49 Diperbarui: 8 Agustus 2020   01:19 50 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bantu Menghadapi Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Membuat Inovasi Ini
Dok. pribadi

Depok (7/8) -- Masa pandemi tidak menjadi halangan bagi para mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mengusung metode KKN secara daring, mahasiswa KKN Undip melaksanakan programnya di lingkungan sekitar domisili masing-masing. Tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah, khususnya di era pandemi seperti ini.

Depok Mulya III yang berletak di Jl. Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok menjadi salah satu tempat pelaksanaan program KKN. Perumahan ini memiliki satu jalan akses utama tempat orang berlalu-lalang, yang dijaga oleh pos satpam. Penghuni perumahan, pengunjung puskesmas, pengantar paket, ojek online, dan lain-lain dapat mengakses Perumahan Depok Mulya III melalui jalan ini. Sayangnya, meskipun telah disediakan tempat untuk mencuci tangan, ada saja alasan bagi pengunjung untuk lalai mencuci tangan. Berdalih tidak praktis, pengunjung lantas meninggalkan pos satpam dan melanjutkan aktivitas. Selain akses utama tersebut, Puskesmas Tanah Baru juga menjadi pusat para pengunjung beraktivitas. Tak dapat dipungkiri, hal ini memungkinkan adanya transmisi Covid-19.

Terlebih lagi, situasi resesi seperti ini tentunya merugikan ekonomi semua orang. Desakan ekonomi yang semakin membesar mendorong orang-orang untuk menghalalkan segala cara demi memenuhi kebutuhan hidup. Maka dari itu, ada suatu kecenderungan untuk melakukan tindak kriminal. Meskipun Depok Mulya III memiliki pos satpam dengan sistem pengawasannya tersendiri, namun tetap ada celah untuk para pelaku kriminal melancarkan akal bulusnya. Hal ini membuat resah para penghuni perumahan.

Dengan demikian, dibuatlah dua program yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

1. Stand Dispenser Hand Sanitizer dengan Menggunakan Pedal

Alat ini bertujuan untuk meningkatkan kepraktisan untuk mencuci tangan, dengan harapan tidak ada lagi alasan bagi pengunjung Depok Mulya III untuk tidak mencuci tangannya. Diisi dengan hand sanitizer berupa alkohol, alat ini diletakkan di dua titik, yaitu pos satpam dan puskesmas. Harapannya, alat ini dapat memperbaiki kebiasaan masyarakat untuk mencuci tangan.

2. D.I.Y. Home Security System dengan Arduino Uno

Guna mencegah datangnya penyusup ke dalam rumah, diciptakanlah alat ini yang berfungsi untuk memancarkan suara bising ketika mendeteksi adanya gerakan. Diharapkan alat ini dapat membantu meredakan keresahan warga perumahan. Dibuat video tutorial untuk melakukan D.I.Y. Home Security ini sendiri di rumah, sehingga warga perumahan dapat mencoba merakitnya sendiri dengan harga yang sangat terjangkau yaitu 100 ribu.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kedua program ini telah berhasil terlaksana setelah berjalannya KKN selama 5 minggu. Diharapkan kedua alat ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup warga Depok Mulya III khususnya, dan warga Kota Depok pada umumnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x