Mohon tunggu...
Riska Ayu Ramadhana
Riska Ayu Ramadhana Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro Angkatan 2017 Jurusan Keperawatan

Seseorang yang sering merantau dari satu daerah ke daerah lain

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Undip Gencarkan Edukasi Penggunaan Masker dan 6 Langkah Cuci Tangan

3 Agustus 2020   15:36 Diperbarui: 3 Agustus 2020   15:49 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Gencarkan Edukasi Penggunaan Masker dan 6 Langkah Cuci Tangan
Cover Booklet "Waspada Covid-19" | dokpri

CIMUNING, Kota Bekasi (21/7) - KKN Undip tim II periode 2019/2020 pada saat ini mengharuskan adanya physical distancing yang mana ini berdampak pada upaya dalam pemberdayaan masyarakat dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Maka untuk mewujudkan hal tersebut, KKN Undip yang biasanya dilakukan secara berkelompok menjadi mandiri (individu) di lokasi masing-masing dari mahasiswa.

Pelonjakan akumulasi kasus COVID-19 di Indonesia masih terus berlanjut. Terutama di Kota Bekasi, warga Kelurahan Cimuning diminta tetap waspada dan tanggap dengan adanya pandemi COVID-19 yang hingga kini masih belum berakhir. 

Walaupun saat ini Kelurahan Cimuning berada pada zona hijau, tepatnya di wilayah Perumahan Dukuh Zamrud Blok E RT 001, namun hal tersebut bukan berarti memberi kesempatan kepada warga untuk mengabaikan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). 

Situasi di lingkungan RT 001, Kelurahan Cimuning pada era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini adalah beberapa orang cenderung kurang memperhatikan atau mulai meninggalkan kebiasaan terdahulu saat keluar dari rumah untuk menggunakan masker. 

Selain itu warga juga mengabaikan anjuran untuk menjaga jarak minimal 1 meter dan rajin mencuci tangan atau memperhatikan hygiene diri. Hal ini didukung dari berita dengan judul "Gaswat! PSBB di Mustikajaya "Bubar", Keramaian Sampai Dini hari" yang diterbitkan pada 23 Mei 2020 (Sumber: https://posbekasi.com/2020/05/23/gaswat-psbb-di-mustikajaya-bubar-keramaian-sampai-dinihari/).

Berdasarkan situasi lingkungan saat ini, hal tersebut membuat salah satu mahasiswa Undip yaitu Riska Ayu Ramadhana atau biasa disapa dengan nama Riska ini berperan sebagai peserta KKN Undip Tim II Tahun 2020 yang berlokasi di RT 001, RW 024, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi itu menggencarkan kegiatan KKN yaitu edukasi "PEMANTIK" (Penggunaan Masker Aman dan Tetap Ikuti Ketentuan) dan hygiene diri seperti mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan. 

Tujuan dari terbentuknya program tersebut adalah warga RT 001 dapat menerapkan penggunaan masker ketika keluar dari rumah, dan menerapkan dan juga memahami PHBS.

Salah Satu Potret Kegiatan KKN | dokpri
Salah Satu Potret Kegiatan KKN | dokpri

Kegiatan ini dilaksanakan secara door to door dengan jumlah minimal, dan lebih dimaksimalkan secara daring seperti diskusi dan berbagi informasi melalui grup yang dibentuk dengan menggunakan aplikasi sosial media (misal: WhatsApp), hal ini dikarenakan adanya anjuran dari RT dan kelurahan setempat untuk mengurangi kegiatan yang bersifat mengumpulkan kerumunan orang dalam jumlah besar di wilayah tersebut agar terhindar dari pendekatan secara fisik atau saat ini dikenal dengan istilah physical distancing. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada minggu ke-3 dari kegiatan KKN Undip yaitu pada tanggal 20 Juli 2020, dan saat ini masih berlanjut.

Warga RT 001 Kelurahan Cimuning memberikan respon yang cukup baik dengan adanya kegiatan program KKN ini. Salah satu warga setempat, Bapak R (45) mengharapkan bahwa dengan adanya program ini dapat membawa dampak positif kepada warga RT 001 lain, terutama warga dapat menjadi role model bagi warga lingkungan sekitarnya untuk tetap menerapkan penggunaan masker dengan baik dan tepat, dan warga dapat melaksanakan PHBS tersebut untuk menjadi kebiasaan atau rutinitas baik yang terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x