Mohon tunggu...
Rsia Al Islam
Rsia Al Islam Mohon Tunggu... Layanan Kesehatan di Kota Bandung

Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Islam berdiri pada tahun 1969 dengan nama Rumah Bersalin Al Islam, didirikan oleh Ibu-ibu BKSWI Jawa Barat. Pada tahun 2012 rumah Bersalin Al Islam berganti status menjadi Klinik Utama Al Islam dan mulai bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kota Bandung. Pada tahun 2018 Klinik Utama Al Islam berganti satus kembali menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Islam dan terakreditasi perdana pada bulan Desember 2018 oleh KARS. Saat ini, Rumah Sakit dipimpin oleh dr. Patuh Ikranegara, MMRS sebagai Direktur.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Persiapan Persalinan Normal

4 November 2019   13:18 Diperbarui: 4 November 2019   14:29 56 0 0 Mohon Tunggu...
Persiapan Persalinan Normal
img-8677-min-jpg-5dbfd2d5d541df47972c4015.jpg

Diantara upaya-upaya yang dapat dilakukan agar persalinan dapat berlangsung lancar dan prosesnya cepat, yaitu :

  • Melakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur.
  • Jika ditemukan adanya komplikasi segera atasi untuk menghindari agar tidak terjatuh dalam kondisi gawat.
  • Menjaga  kondisi kesehatan ibu dan janin mulai dari trimester 1,2 dan 3 dengan cara mengkonsumsi asupan gizi yang yang sesuai dengan kebutuhan ibu  hamil, mengkonsumsi vitamin-vitamin yang dianjurkan oleh dokter atau bidan. 
  • Pada kehamilan trimester ke-2 , ibu sudah dapat melakukan senam hamil atau yoga untuk mempersiapkan fisik ibu menjelang persalinan.

Selain itu, untuk mempersiapkan mental ibu sebelum persalinan, dianjurkan untuk mengikuti kelas hypnobirthing , agar ibu dapat lebih rileks pada sat proses persalinannya.  Karena pada beberapa penelitian dan testimoni dan beberapa pasien yang telah mengikuti kelas ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengikuti kelas relaksasi ini mengalami sedikit komplikasi dibandingkan dengan tidak terbiasa melakukan relaksasi secara teratur. 

Tanda-tanda persalinan

  • Kontraksi pada otot rahim yang teratur atau konsisten dengan jarak yang semakin memendek, hal ini diakibatkan oleh karena peningkatan hormon oksitosin, dan ini merupakan hal yang normal. Kontraksi ini tidak akan hilang saat ibu berjalan.
  • Bisa disertai atau tidak flek kecoklatan, atau lendir bercampur darah kemerahan dari jalan lahir.
  • Keluarnya air ketuban dari jalan lahir, cairan ini berwarna bening. memiliki bau yang amis dan berbeda dengan air seni ( yang keluarnya bisa dikontrol). Sedangkan air ketuban jika sudah pecah akan terus menerus keluar sampai proses persalinan berlangsung. 

Jika ketiga tanda-tanda tersebut di atas sudah dirasakan, segera periksakan kondisi kehamilan pada dokter atau bidan anda. 

Keperluan Bersalin Ibu 

- Kain panjang 

- Celana dalam 

- Gurita ibu 

- Blus/ daster

- Bra menyusui

- Peralatan mandi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x