Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Rasisme Jerman terhadap Ozil Sangat Menyakitkan

28 November 2022   15:05 Diperbarui: 30 November 2022   03:01 2641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mesut Ozil mengundurkan diri dari tim sepakbola jerman karena rasisme. Photo: Jason Cairnduff/Reuters   

Siapa yang tidak kenal Mesut Ozil yang dikenal dunia sebagai salah satu pemain midfielder terbaik  dunia?

Namun ketika berbicara tentang ras, asal usul dan agama, maka prestasi Mesut Ozil ini tenggelam akibat kebencian rasisme yang melanda negara yang menganggap beradap di dunia yaitu Jerman.

Puncaknya di tahun 2018 lalu Mesut Ozil mengundurkan diri dari tim nasional Jerman akibat tekanan rasisme yang menimpa dirinya yang tidak mampu lagi dipikulnya.

Ozil dilahirkan di Jerman dan secara warga negara Ozil adalah orang Jerman.  Namun asal usulnya yang merupakan keturunan Turki lah  yang selama ini terus membayang bayangi  perlakuan  rasisme yang menghantui Ozil.

Tekanan dan hujatan rasisme ini datang dari berbagai pihak termasuk federasi sepakbola Jerman, penonton dan juga media.

Oleh sebab itu tidak heran jika Ozil disanjung sanjung dan diakui sebagai orang Jerman jika tim yang dibela Ozil menang.  Namun sebaliknya dirinya dihujat habis habisan sebagai keturunan imigran Turki jika tim yang dibelanya kalah.

Piala dunia sepakbola yang sedang berlangsung saat ini memang diwarnai kontroversi terkait pelarangan FIFA bagi pemain yang menggunakan armband One Love yang merupakan lambang solidaritas terhadap kelompok LGBT yang mendapat diskriminasi.

Qatar sebagai tuan rumah secara terbuka menunjukkan ketidak setujuannya terhadap kelompok LGBT ini.

Salah satu ungkapan protes terhadap pelarangan penggunaan armband ini tampak ketika pemain  Jerman berfoto bersama  sebelum pertandingan dengan pose menutup mulutnya sebagai bentuk ungkapan protes terhadap larangan FIFA ini terhadap penggunaan armband ini.

Para pemain Jerman yang mengekspresikan ketidak puasan terhadap FIFA akibat pelarangan penggunaan armband  one love sebagai dukungan terhadap LGBT.. Photo: twitters.
Para pemain Jerman yang mengekspresikan ketidak puasan terhadap FIFA akibat pelarangan penggunaan armband  one love sebagai dukungan terhadap LGBT.. Photo: twitters.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun