Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Benarkah Kunyit Berkhasiat Super?

23 Mei 2022   10:59 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:25 282 45 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kunyit memang telah dibuktikan secara klinis memiliki khasiat  tertentu, namun pengaruh langsung dengan penyembuhan penyakit memerlukan bukti ilmiah lebih lanjut. Ilustrasi: chemistryworld.com

Reputasi kunyit sebagai salah satu rempah yang berkhasiat super  dari Asia termasuk di Indonesia  kini kembali  menjadi perhatian dunia.

Kunyit tidak saja dikenal sebagai salah satu rempah esensil  untuk makanan khas di kawasan Asia, namun juga khasiatnya yang kemunginan pada satu saat nanti dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan kesehatan dan juga mengobati penyakit tertentu.

Benarkah Kunyit berkhasiat?

Kunyit yang pada umumnya memiliki warna kuning terang dangan rasa yang khas dan juga menjadi bagian yang tidak terpisah dari kuliner khas Indonesia ini memang secara klinis sudah lama diteliti dan dibuktikan akan khasiatnya.

Kunyit memang mengandung zat bioaktif yang telah dibuktikan secara klinis dapat mengurangi dampak osteoarthritis dan penyakit lainnya.

Kunyit memang seringkali juga didengungkan berkhasiat untuk mengobati alergi, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan laju penurunan daya pikir dan mengobati depresi.

Namun semua klaim ini memang belum dibuktikan secara klinis keberanannya kecuali perannya dalam mengurangi dampak osteoarthritis.

Klaim  bahwa kunyit sebagai obat super memang seringkali dibesar besarkan karena pengaruh langsungnya belum dapat dibuktikan secara klinis dan kalaupun ada pengaruhnya, maka pengaruh ini tidak langsung.

Khasiat kunyit memang telah lama diteliti dan membuktikan bahwa bahan rempah ini memang mengandung antioksidan dan anti-inflammatory.

Hasil penelitan memang membuktikan adanya khasiat kunyit ini ini sebagai anti-inflammatory, sehingga tidak heran jika kunyit dan minyak ikan merupakan dua bahan yang telah dibuktikan dapat membantu mengatasi pembengkakan pada persendian.

Peran Kurkumin

Jika ditelisik lebih dalam lagi maka kandungan kunyit yang diduga berperan dalam membantu memperbaiki kesehatan dan pengobatan adalah kurkumin.

Perlu difahami bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit hanya maksimum 3% saja. Disamping itu hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan khasiat yang maksimum, maka orang harus mengkonsumsi kurkumin sebanyak 1 gram per harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan