Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Ayam Dinobatkan Sebagai Salah Satu Sup Terbaik Dunia

15 Januari 2022   18:10 Diperbarui: 15 Januari 2022   18:15 292 38 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Soto Ayam dinobatkan sebagai Salah satu Sup Terbaik Dunia. Photo: Shutterstock    

Bagi penggemar kuliner khususnya sop dan soto anda perlu berbangga karena pilihan anda tidak salah karena minggu ini Soto Ayam dinobatkan sebagai salah satu dari 20 sup terbaik dunia berdasarkan pilihan  CNN.

Dalam menentukan 20 sup terbaik dunia ini memang tidak mudah karena harus menilai tidak saja sedapnya sup dengan bumbu yang sangat komplek, namun juga harus mengikut sertakan penilaian aspek budaya yang melekat pada resepnya dan juga penyebarannya ke manca negara.

Keragaman budaya dunia memang telah menciptakan makanan sup yang khas untuk setiap negara.

Menurut Janet Clarkson pengarang buku Soup: A Global History, sup merupakan makanan tertua di dunia dan masuk dalam kategori universal foods.  Oleh sebab itu sup tidak dapat dilepaskan dari masyarakat dan budaya tempat sup itu dilahirkan.

Ditinjau dari sejarahnya menurut Janet Clarkson manusia purba sudah pandai memasuk sup dengan menggunakan cangkang kura kura dan juga bambu sebagai wadah memasaknya.  Selanjutnya sejarah sup masuk ke era penggunaan metal sebagai wadah memasaknya mulai di zaman perunggu.

Merebus makanan yang dicampur dengan biji bijian serta berbagai bumbu yang akhirnya kita kenal sebagai sup ini diduga bertujuan sebagai obat obatan atupun untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Kembali kepada Soto Ayam yang terpilih sebagai salah satu sup terbaik dunia, soto ayam disebut sebagai salah satu ciri khas masakan Indonesia.

Hal yang lebih menarik di Indonesia bahkan ada dua varian sup, yaitu sop dan soto yang masing masing memiliki kekhasan.

Soto dinilai sebagai masakan yang kaya akan bumbu yang khas seperti kunyit, serai, daun jeruk, adas, kayu manis dan campuran bumbu lainnya yang menciptakan rasa dan aroma yang berlapis yang memuaskan selera.  Kesedapan dan kekhasan bumbu Soto ini diperkaya denga rasa telur rebus, suwiran ayam dan juga soun  yang membuat cita rasa yang khas dari soto ayam ini.

Tidak hanya sampai disitu saja,  taburan bawang merah goreng, jeruk limau segar dan irisan cabai merah menambah keunikan cita rasa soto ayam ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan