Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Maneskin Memang Layak Menjadi Pemenang Eurovision 2021

23 Mei 2021   10:37 Diperbarui: 24 Mei 2021   07:09 1036 50 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Maneskin Memang Layak Menjadi Pemenang Eurovision 2021
<Maneskin memenangi Eurovision ke 65. Sumber: wiwibloggs.com

Ada hal yang berbeda dari pelaksanaan Eurovison 2021 yang diselenggarakan di Rotterdam Belanda kali ini yang baru saja usai. Walaupun masih dalam masa pendemi Covid-19 pelaksanaannya lebih meriah dengan  adanya live show yang dihadiri 3.500 penggemar yang kesemuanya memiliki status negatif covid-19.

Disamping pelaksanaannya yang sangat meriah seolah mengobati dahaga penggemarnya akibat pelaksanaan tahun lalu penyelenggarannya dibatalkan akibat pandemi. Disamping itu persaingan negara untuk meraih pengghargaan di ajang yang sangat bergengsi ini juga penuh dengan drama.

Penyelenggaraan Eurovision ke 65 kali ini memang terasa sangat bermakna karena arena tempat ajang festival musik bergengsi ini diadakan di Ahoy arena ini sebelumnya  digunakan sebagai rumah sakit Covid-19 di tahun lalu ketika Belanda dilanda puncak pandemi.

Sampai saat inipun belanda masih berjuang untuk melandaikan gelombang kedua Covid-19 ini, sehingga protokol kesehatan yang diterapkan dalam pelaksanaan festival ini sangat ketat.

Walaupun dengan segala keterbatasannya banyak kalangan yang menilai bahwa ajang Eurovision tahun ini merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah pelaksanaannya karena antusiasnya penggemar. 

Kesuksesan ini tentunya tidak lepas dari upaya Netflix mengembalikan roh dari festival ini dengan memproduksi film Eurovision 2020 yang dibintangi oleh Will Ferrel dan Rachel McAdam sebagai penyanyi harapan Islandia yang akhirnya sangat pupuler di seluruh dunia.

Maneskin yang merupakan grup band dengan personalia 4 orang yang berasal dari Italia ini membawakan lagu andalannya yang berjudul Zitti E Buoni.

Maneskin berhahasil menjuarai Eurovision ke 65. Photo : PIROSCHKA VAN DE WOUW/REUTERS
Maneskin berhahasil menjuarai Eurovision ke 65. Photo : PIROSCHKA VAN DE WOUW/REUTERS
Band Glam Rock ini memang dari segi penampian dan lagunya sangat unik sehingga banyak sekali penggemarnya.

Dari segi vote yang diberikan oleh juri, Maneskin sebenarnya tidaklah favorit karena hanya menduduki peringkat keempat setelah Swis, Perancis dan Malta.

Namun Maneskin berhasil membuktikan bahwa dirinya merupakan favorit dari segi penggemar karena berhasil merah niai yang spektakuler yaitu 318 poin.

Dengan poin gabungan yang diperolehnya ini Maneskin yang mewakili Italia berhasil menjadi jawara mengungguli  Perancis dan Switzerland yang masing masing meraih peringkat dua dan tiga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x