Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pelajaran dari Kasus Peningkatan Covid-19 di Eropa Setelah Vaksinasi

17 Maret 2021   10:26 Diperbarui: 17 Maret 2021   10:51 391 61 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelajaran dari Kasus Peningkatan Covid-19 di Eropa Setelah Vaksinasi
Peningkatan kasus COVID-19 terjadi di Kawasan Eropa di saat program vaksinasi di gencarkan. Photo: New York Times

Pertanyaan besar mucul ketika di seluruh kawan Eropa vaksinasi masal di gencarkan justru kasus COVID-19 meningkat seperti yang terjadi di  Czech Republic, Hungary, Estonia, Slovakia, Italia, Perancis, Polandia dan  Swedia.

Dalam waktu 7 hari ini jumlah kasus di negara Uni Eropa terjadi sebanyak lebih dari 800,000 kasus baru atau terjadi peningkatan sebanayk 5.8%.

Data terakhir yang dikeluarkan minggu lalu menunjukkan bahwa di kawasan ini kasus meningkat dari sekitar 200 kasus per 1 juta orang  di bulan Februari lalu menjadi 270 kasus pada akhir minggu lalu.

Jika dibandingkan data di bulan Nopember 2020  lalu yaitu 490 kasus per 1  juta penduduk  memang angka ini sudah berkurang, namun tetap saja menjadi pertanyaan besar mengapa justru harapan vaksinasi akan menurunkan kasus COVID-19 justru sebaliknya kasusnya meningkat?

Sebagai contoh di sebagian besar wilayah Italia terutama Roma dan Milan dimasukkan ke dalam zona merah karena terjadi peningkatan kembali kasus COVID-19.

Di bulan Desember dan Januari lalu angka  kasus  di negara ini sudah melandai namun setelah periode ini kasus kembali meningkat tajam

Italia di tahun 2020 memang menjadi perhatian dunia karena negara ini menjadi episenter pandemi COVID-19 di kawasan Eropa dengan jumlah penderita dan korban jiwa yang tertinggi. Dalam waktu yang singkat pandemi ini menyebar secara sangat cepat di kawasan Eropa.

Data dari Johns Hopkins University menunjukkan bahwa saat ini kasus COVID-19 yang terburut terjadi di Czech Republic yang berpenduduk 10,7 juta jiwa. Di negara ini jumlah kasus per harinya adalah 110 per 100 ribu penduduknya, sementara rata rata kasus di Uni Eropa hanya 27 kasus.

Secara  lengkap perkembangan peningkatan kasus COVID-19 di kawasan Eropa dapat dilihat pada grafik berikut : 

Lonjakan COVID-19 di negara negara di Eropa. Sumber: TIME
Lonjakan COVID-19 di negara negara di Eropa. Sumber: TIME
Angka kematian di dunia samapi dengan tanggal 16 Maret 2021. Sumber: New Scientist analysis of Johns Hopkins University
Angka kematian di dunia samapi dengan tanggal 16 Maret 2021. Sumber: New Scientist analysis of Johns Hopkins University
Jadi memang tidak heran jika  banyak kalangan yang menduga  bahwa kini kawasan Eropa memasuki fase awal gelombang ketiga COVID-19.

Dugaan bahwa kini Eropa sedang dilanda pandemi gelombang 3 memang sangat beralasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x