Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Program Kreativitas Mahasiswa Kawah Candradimuka Penempa Kreativitas Anak Bangsa

30 November 2020   14:58 Diperbarui: 4 Desember 2020   12:17 1218 51 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Kreativitas Mahasiswa Kawah Candradimuka Penempa Kreativitas Anak Bangsa
Suasana Penutupan Pimnas 33 dan pemberian penghargaan di Universitas Gadjahmada. Photo: Dokumen Pribadi

Perhelatan ilmiah tingkat mahasiswa terakbar baru saja usai hari Sabtu lalu di Pekan Ilmiah  Mahasiswa (PIMNAS) ke 33 yang diselenggarakan di Universitas Gadjahmada selama sepekan.

Disebut terakbar karena memang ajang ini mengumpulkan mahasiswa kreatif se Indonesia yang tahun ini diikuti oleh 60 ribu kelompok mahasiswa  atau sekitar 240 ribu mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari ribuan  perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Kalaupun ada yang merekam jejak perjalanan kelahiran Program Kreativitas ini dan memasukkannya ke dalam Guinness book of record tentunya akan masuk, karena kemungkinan ajang adu kreativitas ini melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa terbanyak dibandingkan dengan yang ada saat ini di dunia.

Di tahun 1996 ketika politik Indonesia mulai memanas para arsitek "olah pikir" mahasiswa mulai merancang program yang akan dijadikan  wahana  mengasah kreativitas mahasiswa Indonesia.

Menurut pakar psikologi dan kecerdasan, kreativitas yang dimiliki oleh seseorang jika dibiarkan akan tersembunyi di relung kegelapan dan tidak akan pernah bersinar muncul kepermukaan.

Para perancang Program Kreativitas Mahasiswa saat itu memikirkan sisi  penting dalam kehidupan mahasiswa yang belum tentu dapat tergarap selama menempuh kuliahnya, yaitu kreativitas.

   "Kreativitas mahasiswa merupakan potensi yang perlu diasah karena dapat menjadi salah satu kunci penentu kesuksesan mahasiswa dalam mewujudkan cita-citanya"

Oleh sebab Program Kreativitas Mahasiswa merupakan pewujudan merdeka belajar  yang dirancang di tahun 1996 lalu dan akhirnya dapat dirampungkan dan  diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada mahasiswa di seluruh Indonesia pada  tahun 2001.

Sebelumnya memang sudah ada berbagai lomba di tingkat wilayah maupun nasional seperti lomba karya tulis mahasiswa, namun tampaknya belum dapat menarik minat mahasiswa secara masif.

Jika kita teliti lebih lanjut, tidak banyak program di tingkat nasional yang long lasting dan berkelanjutan dan menjadi program yang paling ditunggu tunggu oleh tidak saja mahasiswa Indonesia namun juga Perguruan Tinggi. Dapat  kita bayangkan sudah 20 tahun Program Kreativitas Mahasiswa sudah berlangsung dan terus tumbuh dengan suburnya.

Selama perjalanannya program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sempat diragukan dari segi tingkat antusias mahasiswanya ini ternyata  dari tahun ke tahun baik dari segi jumlah mahasiswa yang terlibat dan jumlah Perguruan Tinggi yang mengikutinya semakin tumbuh subur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x