Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kebun Raya Itu Bukan Hanya Sekadar Tempat Rekreasi

27 September 2017   11:40 Diperbarui: 27 September 2017   12:04 2385 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebun Raya Itu Bukan Hanya Sekadar Tempat Rekreasi
Kebun Raya Bogor. Photo: farm9.static.flickr.com

Bagi anda yang telah mengenal Kebun Raya Bogor, mungkin sudah memaklumi jika di wilayah kawasan jalan lingkar kebun raya biasanya padat di saat akhir pekan.  Kondisi padatnya lalu lintas ini terkait dengan meningkatnya jumlah kunjungan terutama di hari minggu karena kebun raya seringkali dijadikan alternatif  tempat rekreasi yang nyaman dan murah.

Rekreasi memang telah menjadi salah satu fungsi kebun raya untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung menikmati asrinya suasana kebun raya, namun bagi sebagian besar pengunjung fungsi konvervasi tanamannya kurang dikenal.

Keberadaan Kebun Raya di dunia ini, termasuk Kebun Raya Bogor sebenarnya memiliki tujuan utama yaitu sebagai wadah konvervasi dan pengembangan tanaman langka ataupun tanaman tanaman yang memiliki prospek dan nilai ekonomis di masa mendatang.

Berbagai jenis tanaman di dunia ini sampai saat ini banyak sekali yang  belum semuanya teridentifikasi fungsinya, terutama tanaman yang berkhasiat sebagai kandidat tanaman yang memiliki potensi di masa depan sebagai sumber penemuan obat baru.

Di tengah tengah situasi penurunan kualitas lingkungan dan iklim global yang semakin tidak dapat diprediksi, upaya konservasi merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan generasi mendatang terkait dengan berbagai tantangan masa depan yang akan kita hadapi dalam hal ketahanan pangan, ketahanan energi, degradasi lingkungan dan juga perubahan iklim.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Nature Plant 2 hari yang lalu, setiap tahunnya di seluruh dunia terdapat sekitar 500 juta orang berkunjung ke Kebun Raya.  Disamping sebagai tempat rekreasi kebun raya memiliki fungsi sebagai tempat pembelajaran, pendidikan, penelitian dan terutama sebagai tempat konvervasi.

Dengan fungsi utama seperti ini, maka keberadaan kebun raya di dunia ini memegang peran penting dalam melindungi tanaman dari kepunahan, karena kebun raya menjadi tempat perlindungan dari sekitar 40% dari tanaman langka. Paling tidak di seluruh dunia kebun raya telah memberikan perlindungan 100.000 spesies tanaman langka dari kepunahan.

Kebun Raya disamping berfungsi sebagai tempat koleksi hidup, juga berfungsi sebagai bank benih untuk pengembangan tanaman lanjut di masa datang

Jika kita lihat peta keberadaan kebun raya di dunia, maka kita akan mendapatkan fakta bahwa keberadaan kebun raya di belahan bumi utara lebih banyak.  Kendala kebun raya yang berada di belahan bumi utara ini sebenarnya lebih besar terutama untuk pemeliharaan tanaman tropis karena memerlukan fasilitas rumah kaca yang memiliki pengaturan suhu dan kelembaban.

Royal Botanical Garden di London. Photo: ecorazzi.com
Royal Botanical Garden di London. Photo: ecorazzi.com
Peran kebun raya sebagai wadah pelestarian tanaman langka sebenarnya masih berpotensi untuk lebih ditingkatkan, karena berdasarkan hasil penelitian rata rata kebun raya di dunia ini hanya memiliki 10% tanaman langka dari seluruh koleksinya.

Mengelola kebun raya tidaklah mudah mengingat biaya pemeliharaannya yang sangat besar.   Di Indonesia dengan keterbatasan anggaran yang ada, fungsi kebun raya sebagai tempat konservasi harus berjalan beriringan dengan fungsi komersialisasi nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN