Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Selamat Datang Era Satelit Mini

4 Januari 2016   04:54 Diperbarui: 4 Januari 2016   08:47 0 26 16 Mohon Tunggu...


Membayangkan satelit tentunya pikiran kita akan melayang ke tempat peluncuran roket milik NASA dan juga Orion yang serba komplek dengan ukuran satelit yang besar. Namun tampaknya perkembangan teknologi satelit telah memasuki era baru perlombaaan teknologi yaitu satelit mini. Satelit mini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan satelit yang telah dikembangkan sebelumnya, namun ukurannya jauh lebih kecil. Biasanya satelit yang dikategorikan sebagai satelit mini ini beratnya kurang dari 100 kg.

Fungsi satelit mini ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya untuk keperluan jejaring komunikasi, mengamati geogfrafi bumi, memprediksi luasan hutan, perencanaan infrastruktur, memprediksi hasil panen, pengembangan wilayah dll.

 

Satelit mini yang diluncurkan dari International Space Sation. Sumber

Dengan ukuran yang sangat kecil ini dapat dibayangkan ongkos yang dapat dihemat dalam membangun suatu satelit dengan fungsi yang hampir sama dengan satelit besar lainnya. Walaupun prospek perkembangan teknologi mini satelit ini sangat menjanjikan, namun para pakar teknologi ruang angkasa masih terkendala bahwa mini satelit ini masih tetap harus diluncurkan dan ditempatkan di orbit.

Kendala ini tampaknya sedikit demi sedikit mulai teratasi seiring dengan perkembangan teknologi roket yang memungkinkan hulu pendorong roket dapat digunakan kembali dengan cara mendaratkan kembali hulu pendorong ini ke bumi. Teknologi ini bulan lalu telah berhasil dikembangkan oleh SpaceX (baca selengkapnya di sini).

Kombinasi pengembangan teknologi roket dan satelit mini tampaknya akan membuka lebar perlombaan penemuan teknologi luar angkasa lainnya.

Mereka yang berlomba

Jepang merupakan salah satu negara yang paling getol mengembangkan teknologi satelit mini ini. Banyak perusahaan di Jepang yang mengkhususkan diri mengembangkan teknologi ini dan menghidupi perusahaan melalui teknologi satelit mini ini.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x