Mohon tunggu...
Royhan Baihaqi
Royhan Baihaqi Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kilas Balik 2020

17 Januari 2021   20:50 Diperbarui: 17 Januari 2021   20:55 67 2 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita ketahui, tahun 2020 merupakan tahun yang menjadi tahun cobaan yang berat bagi kita. Banyak sekali peristiwa-peristiwa penting yang dapat mengguncangkan dunia yang terjadi pada tahun 2020. Dimulai dari adanya persengitan panas antara Amerika dan Iran. Lalu keluarnya Inggris dari Brexit pada 31 Januari 2020. Hingga adanya pandemi yang menjadi ancaman bagi ekonomi, kesehatan dan lain-lain. Masih ada banyak lagi peristiwa-peristiwa penting yang menurut saya patut untuk kita ingat.

1. Persengitan Amerika dan Iran

Pada tanggal 3 Januari 2020 Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara terhadap konvoi kendaraan yang berada di dekat Bandara Internasional Baghdad. Serangan udara tersebut menewaskan Mayor Jenderal dan Komandan Pasukan Quds Iran, Qasem Soleimani dan juga Komandan Pasukan Mobilisasi Rakyat Irak Abu Mahdi al-Muhandis. Serangan tersebut meningkatkan ketegangan antara AS dan Iran secara tajam. Pada tanggal 7 Januari 2020 Iran melakukan pembalasan dengan meluncurkan beberapa rudal balistik ke tempat personel militer AS berada.

2. Brexit

Pada 31 Januari 2020 Inggris telah resmi keluar dari Uni Eropa (UE) atau bisa kita sebut dengan Brexit (Britain exit). Alasan utama dari Brexit adalah mereka menilai bahwa kebijakan UE semakin mengikis kedaulatan Inggris terutama dalam menerapkan kebijakan luar negerinya. Lalu kebijakan UE juga menghambat pertumbuhan ekonomi Inggris.

3. Covid-19

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi virus corona (Covid – 19) adalah peristiwa yang paling besar yang terjadi di tahun 2020. Peristiwa ini tidak mungkin kita lupakan sebagai sejarah manusia karena merupakan peristiwa pandemi pertama di era modern ini. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina. Virus ini menyebar sangat cepat sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO menetapkan adanya pandemi global.

ditulis oleh : Royhan Baihaqi

VIDEO PILIHAN