Mohon tunggu...
Rumi Algar
Rumi Algar Mohon Tunggu...

Male. Hard worker, Smart, Energik, Supel, Familiar, dan lain-lain. No. Contact Person : 0813 1286 7298 & 082312951990.

Selanjutnya

Tutup

Media

Perkembangan dari Berbagai Tayangan Iklan yang Ada di Masyarakat Luas dan Modern saat Ini [1]

27 September 2013   08:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:20 1486 18 11 Mohon Tunggu...

Perkembangan Dari Berbagai Tayangan Iklan Yang Ada Di Masyarakat Luas Dan Modern saat ini

Oleh :

Rumi Algar






Penulis Sendiri





Suatu hari saya meminta kepada tukang kebun untuk menanam sebatang pohon. Tukang kebun tersebut merasa keberatan karena pohon tersebut tumbuh dengan lambat dan tidak mencapai kematangan sampai seratus tahun. Saya menjawab : dalam masalah itu tidak ada dirugikan , tanamlah di sore hari……”( chartered Account, New Delhi, 79, Suplemen)

Prolog

Pada kutipan yang diatas tersebut mengandung berbagai makna yang sangat mendalam dan mempunyai nilai-nilai arti dari sebuah kehidupan. Pada dasarnya manusia merupakan mahlukyang sangat komoditis dan mempunyai pesan-pesan yang sangat pokok. Yaitu apa makna dari sebuah nilai-nilai kehidupan. Pokoknya dari sebuah nilai-nilai tersebut sangatlah mendalam mengingat kita sebagai warga, masyarakat, bangsa. Sangatlah penting bagi nilai-nilai kehidupan kita sekarang ini.

Pertumbuhan dan perkembangan suatu bangsa adalah suatu urusan yang sepertinya lama, dan harus ada suatu input yang sangat baik dari tingkat individu maupun dari masyarakat sebelum pada akhirnya berkembang dan menemukan posisi kehormatan dan kejayaan yang bermanfaat dalam berbagai urusan dunia. Tetapi menurut seseorang yang berpendapatbahwa tidak ada yang dapat menunggu selama seratus tahun , jawabannya adalah ; “Dalam masalah itu , kita harus menanam‘pohon kita ini dengan segera.” Begitu juga , Anda tidak dapat memiliki sebuah rumah yang hanya dengan berbicara tentang kebutuhan papan bagi seseorang. Merupakan suatu kebodohan yang sangat sempurna dengan melakukan hal-hal seperti itu. Suatu bangsa juga tidak dapat memperkuat dirinya dengan mengharap mukjizat-mukjizat di bidang politik. Dalam dunia sastra, revolusi dapat terjadi sebagai hasil dari suatu permainan kata-kata belaka. Seorang pemimpin yang pandai pidato dapat membuat orasi yang mempesona dan menggungah massa yang besar. Tetapi hasil-hasil riil hanya dapat dicapai dengan perencanaandan kontinuitas jangka panjang serta usaha yang berdedikasi.

Pada dasarnya kita sebagai manusia sangat perlu perubahan yang terjadi pada diri kita sendiri sebagai individu, sebagai keluarga, masyarakat , warga, bangsa Negara kita pada saat ini. Perubahan itu perlu dilakukan, tidak harus menunggu seratus tahun lamanya . Pada hakikatnya kita sebagai sebagai individu, keluarga, masyarakat, bangsa . Tidak perlu menunggu perubahan yang sangat signifikan dan mempunyai sebuah inovasi terobosan yang sangat singnifikan order. Menurut dari pemaparan yang diatas pula bisa kita lihat dari berbagai ulasan-ulasan mengenai arti dari sebuah kehidupan itu sendiri. Ide-ide dasar yang ada dibenak kepala, coba-coba di tuangkan lewat kata-kata, yang membuat sebuah dialog diantara para pembaca maupun audiens yang ada di sekitar kita sebagai warga masyarakat sebuah bangsa ( Nation State) .

Kita sebagai warga sebuah bangsa tidak perlu menjadi penonton di Negaranya sendiri.Seperti yang kita sejarah-sejarah perjuangan Republik Indonesia ini . Sebelum Bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Merupakan sebuah Negara dari sebuah bangsa-bangsa yang terdiri dari beribu-ribu suku bangsa yang ada dan meliputi warga pribumi asli (WNI), maupun warga Negara asing (WNA). Setiap warga Negara bangsa tersebut yang didiami oleh warga pribumi maupun pendatang yang terdiri dari berbagai campuran suku bangsa maupun enisitas yang ada dalam warga masyarakat suatu bangsa seperti Negara kita ini.

Perkembang Iklan bagi konsumen sehari-hari

Pada saat ini iklan yang ada di media-media cetak maupun elektronik sudah berkembang sangatlah maju. Mengingat pangsa pasar dewasa ini sangat antusias melihat perkembangan yang ada baik tayangan itu di media cetak seperti Koran, majalah, surat kabar, ataupun pos. sekarang tayangan yang ada pada masyarakat modern sangatlah penting mengingat sejarah perkembangan iklan sangatlah banyak sekali. Seandainya kita menghitung tanyangan iklan yang ada. Boleh dibilang sangat banyak bisa sampai jutaan kali yang ada. Baik yang memberikan masukan bagi perkembangan iklan seperti kita konsumen sampaipihak regulator termasuk pula peran dari pemerintah dalam menangani pemberitaan iklan di media massa dewasa ini.

Pada masyarakat modern saat ini. Iklan sangatlah penting dan mempunyai muatan atau pesan-pesan yang terkandung didalamnya. Sangat banyaklah manfaat iklan. Bagi kehidupan kita, apalagi dalam tayangan ataupun yang terdiri dari berbagai segmen yang ada. Iklan disini durasinya ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Tergantung bagaimana peran dari sebuah iklan di tengah-tengah audiens ataupun masyarakat luas disekitarnya.

Seperti yang kita ketahui ada yang namanya iklan rokok dengan berbagai jenis yang ada. Jenis dari iklan rokok adalah sampoerna, A mild, Djarum Super, Gudang garam, Malboro, berbagai macam-macam rokok kretek. Sedangkan iklan yang ada sekarang ini, sangatlah banyak seperti iklan Sampho dan sabun seperti rejoice, sunsilk, dan sabun lifeboy, Dettol, dan lain-lain. Seperti juga yang dipaparan diatas seperti iklan dari makanan ringan (Snack) seperti Chiki, taro, piatos, cemilan keripik singkong sangatlah laku dijual dipasaran yang ada. Ini sangatlah penting mengingat produksi dari pabrik makanan yang sampai ditangan konsumen merupakan produk yang mempunyai perlindungan dalam pembuatan makanan siap saji dan sampai juga ketangan konsumen.

Adapun berbagai jenis dari tayangan iklan di tengah masyarakat sangat penting mengingat adanya peran dari pihak regulator seperi Pemerintah dalam menjalankan kebijakan-kebijakannya sampai pembuatan peraturan pemerintah sebagai pengawas, pengkaji, pemsosialisasikan kebijakan di tengah-tengah masyarakat luas disekitarnya. Seperti pihak –pihak yang terkait dalam permasalahan tayangan iklan pada masa kini. Kita melihat peran dari pihak swasta yang sangat berperan aktif dalam menangani permasalahan yang terkait dengan tayangan iklan disini.

Bahwa disini tayangan iklan sudah bisa dibilang menjamur atau membludak . karena sudah banyak sekali tayangan iklan tersebut yang sampai di tangan konsumen seperti kita ini dalam melihat dari berbagai tayangan yang ada di media cetak maupun media-media elektronik. Bahkan seperti kita yang ketahui iklan itu sudah seperti remote control dalam tayangan –tayangan media-media cetak yang ada dan elektronik seperti seperti surat kabar, Koran, majalah, pos. maupun media-media elektronik seperti Radio, dan Televisi sendiri. Saya sendiri melihat banyak sekali tayangan-tayangan yang ada beraneka ragam , macam , eksklusif, dan mengandung pesan mendalam bagi audiens-audiens yang mendengar dan melihatnya.Seperti halnya komunikasi iklan juga banyak dan beraneka ragam bentuknya. Seperti billboard di jalan-jalan, papan reklame, kursi-kursi ditaman kota , di halte tempat pemberhentian kendaran umum, desain interior yang di tengah masyarakat, tempat station kereta api, maupun papan faksimili ataupun nomor telepon di pinggiran jalan bisa menjadi media yang sangat ampuh bagi perkembagan dari industri iklan yang ada sampai ke tangan konsumen sendiri.

Sebagai Negara berkembang kita menjadi pangsa pasar yang sangat potensial di dalam negeri maupun di luar negeri/ mancanegara.Kita sebagai Negara yang sedang berkembang. Boleh berbesar hati untuk melihat perkemangan kemajuan dari Teknologi canggih yang modern , mempunyai pasar yang sangat banyak di tengah konsumen yang ada sebagai masyarakat awam. Kita bisa melihat dari sudut pandang ekonomi dan bisnis. Ini merupakan bentuk dari pasar yang menciptakan scale of economies yang diperlukan untuk melakukan penetrasi ke pasar luar negeri. Pada saat suatu kali kejadian yang di tengah masyarakat bahwa melakukan rekayasa pembohong public yang mengakibatkan tayangan-tayangan tersebut aduan dari tengah masyarakat luas sampai juga ke tangan konsumen,menyebabkan terjadinya manipulasi bagi pembuatan iklan tersebut dapat berdampak luas sampai juga ketelinga pemaku jabatan eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Seperti kita ketahui ini merupan suatu rekayasa secara manipulatif dan berkontinyuitas dapat merusak dari berbagai tayangan iklan di tengah-tengah masyarakat seperti konsumen seperti saat ini. Pada akhirnya , hanya iklan yang mempunyai muatan yang sangat teratur, akurat, kepedulian kepada masalah-masalah social dan komunikasi dan membuat suatu nilai-nilai positif yang bisa kita ambil dari arti sebuah tayangan iklan tersebut.

Epilog

Banyak sekali perkembangan dari sebuah tayangan iklan yang sampai ke konsumen atapun masyarakat luas. Seperti yang banyak di perbincang-bincang mengenai orientasi dari pangsa atau pelaku usaha bisnis yang berkembang pada saat ini. Banyak terjun langsung ke berbagai-bagai temuan-temuan di lapangan seperti masyarakat yang ada sekarang ini meliputi : pihak produsen , konsumen, distributor, pelaku usaha bisnis modern , dan peran pemerintah maupun swasta, dan juga segenap pelaku-pelaku yang terlibat dari berbagai instansi –instansi yang ada dan temuan-temuan yang ada dilapangan maupun yang ada dan perkembangan di masyarakat luas sebagai masyarakat awam . kita wajib untuk bertanya mengenai legalitas sebuah tayangan iklan yang ada di tengah masyarakat . semoga tayangan-tayangan iklan tersebut dapat mencerdaskan kita sebagai audiens . seperti apa yang tertera dalam petikan pembukaan UUD 1945 yaitu : Mencerdaskan kehidupan bangsa dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurut hemat saya dari kesimpulan diatas kita bisa menyampaikan sebuah gagasan ataupun ide-ide di tengah masyarakat luas, mengingat dari perkembangan dari tayangan Iklan dalam dunia jurnalistik dan komunikasi. Erat sekali kaitanya bagi perkembangan tayangan iklan pada masyarakat modern dewasa ini dengan arus modernisasi, industrialisasi, globalisasi dan tenologi pada masayarakat luas pada dewasa ini.

Penulis : Rumi Algar

Aktif dalam Media social : Google, Blogger,Kompasiana dan Twitter

No. HP : 083873053127






Lyautey




VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x