Mohon tunggu...
Rouf Fatkhur Rozi
Rouf Fatkhur Rozi Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2020

Brawijaya University Government Student

Selanjutnya

Tutup

Digital

Start-UP di Era Millennials

18 April 2021   04:09 Diperbarui: 18 April 2021   10:18 137 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Start-UP di Era Millennials
teknologi-id-607b3c75d541df0f21467a23.jpg

Era digital saat ini merupakan saat yang menguntungkan bagi banyak pihak terutama masyarakat Indonesia.  Terkait  dengan bertambahnya pengguna Internet  di  seluruh Dunia terutama di Indonesia yang mencapai 102 Juta pengguna dan berada di urutan ke-6 Dunia sebagai pengguna Internet yang pertumbuhannya tergolong  cepat.  Menurut data dari emarketer diperkirakan pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2018 akan mencapai 12 juta lebih.

Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pertumbuhan yang pesat tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa kategori diantaranya pengguna Internet sekitar 51% dari total penduduk Indonesia yang sebesar 256 juta jiwa dengan sebaran terbanyak berada  di Jawa dengan jumlah mencapai 86 juta atau sekitar 60% dari total penggunan Internet. Bagi pemilik bisnis online tentunya data tersebut merupakan sasaran pasar yang menggiurkan, mengingat mayoritas pengguna Internet selain mereka aktif dalam media sosial, mereka juga aktif dalam perdagangan online (e-commerce). Perkembangan Internet yang pesat juga dipengaruhi oleh infrastruktur teknologi informasi yang menyediakan akses Internet yang menyeluruh dan cepat.

StartUp menurut Sillicon Valley adalah tindakan atau proses untuk memulai sebuah proses, sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Dalam Sillicon Valley startup bergerak dapat bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Anggota dalam startup menciptakan sebuah codebase atau aplikasi yang manfaatnya mereka tawarkan kepada konsumen yang dituju. Menurut Alamsyah (2010) aplikasi yang diciptakan ini dapat diakses melalui media internet yang diakses melalui web yang dijalankan pada PC Windows, Linux ataupun Mac, dan juga dapat dijalankan di smartphone seperti BlackBerry, Android, iPhone, Nokia, dan lain-lain.

Bisnis startup merupakan sebuah usaha yang baru saja berdiri atau sedang merintis, oleh karena itu bisnis startup ini biasa dikenal dengan perusahaan rintisan. Bisnis startup adalah sebuah institusi yang diciptakan untuk membuat produk atau layanan baru dan inovatif dalam kondisi ketidakpastian yang tinggi.  Startup bermula pada si pendirinya yang ingin menawarkan pasar mengenai produk-produk inovatif, yang sebelumnya belum ada atau produk tersebut sudah ada dan dikembangkan. Pada mulanya startup sejak adanya bubble dot com atau dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti gelembung teknologi informasi. Bubble dot com ini popular pada tahun 1998-2000 dimana banyak perusahaan yang membuat sebuah dot com website pribadi melalui internet. Seiring dengan berjalannya tahun jumlah pengguna internet semakin banyak. Tidak hanya internet saja teknologi pun perkembangannya sangat cepat. Dengan adanya ide-ide kreatif para generasi milenial mereka mencoba untuk mengkombinasikan antara teknologi dan internet untuk menghasilkan sesuatu produk yang dapat bermanfaat.

Geliat pengguna internet untuk perdagangan yang semakin bertambah mendorong  munculnya bisnis-bisnis baru yang sekarang banyak dikatakan sebagai "startup business". Ries, (2011) menjelaskan diantaranya startup merupakan sebuah usaha yang baru didirikan dan masih pada tahap pengembangan serta penelitian untuk mencari potensi pasar dan semua tergolong dalam bidang usaha teknologi dan informasi, Di Indonesia sudah banyak bermunculan bisnis startup diantaranya Bukalapak, Gojek, JD.ID, OVO, Tokopedia, Traveloka, dll.

Bisnis startup mempunyai perbedaan dengan usaha bisnis pada umunya. Letak perbedannya adalah Pertama para anggota karyawan bisnis startup selalu berfokus pada target yang harus dicapai. Kedua pada umunya perusahaan biasa berorientasi pada penjualan dan pertumbuhan secara perlahan atau stabil untuk jangka panjang, berbeda dengan startup dimana mereka mengharapkan penjualan, pertumbuhan, dan keuntungan dalam waktu yang singkat. Ketiga StartUp ini merupakan model binsis yang dirancang untuk menawarkan pasar berupa produk, layanan, platform dengan konsep inovatif yang berbasis pada teknologi informasi dan didirikan oleh generasi milenial pada umumnya. Fokus ini dilakukan untuk mengharapkan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan melalui produk yang dihasilkan yang berbasis pada teknologi informasi dan apabila produk utama mereka tidak berbasis teknologi informasi, maka dalam memasarkan produknya melalui teknologi misalnya seperti internet. Keempat dalam perusahaan startup pangsa pasar yang dituju dengan membuka pasar baru atau mengembangkan pasar yang sudah ada.

Startup didirikan oleh seorang individu, ketika pendiri sudah menemukan ide untuk menciptakan sebuah bisnis baru, maka pendiri akan menemukan masalah selanjutnya yakni, sumber pembiayaan Sumber pembiayaan dinilai sebagai faktor yang utama yang dibutuhkan pendiri untuk pertumbuhan startup. Sumber pembiayaan pada tahap awal bisnis startup berasal dari formal dan informal. Pembiayaan formal dilakukan oleh perusahan modal ventura, bank, dan lembaga pemerintah. Sedangkan untuk pembiayaan informal berasal dari individu yang mempunyai hubungan keluarga atau individu yang sama sekali tidak mempunyai hubungan keluarga atau yang disebut sebagai business angel atau angel investor.

Bisnis startup sebagai perusahaan pasangan usaha memperoleh dampak positif dengan adanya investasi yang dilakukan dengan modal ventura. Pertama, perusahaan akan memperoleh dana segar yang dapat digunakan untuk modal perusahaan serta meningkatkan kinerja perusahaan ataupun untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya dalam industri yang sejenis. Kedua, struktur permodalan perusahaan pasangan usaha akan membaik sehigga menimbulkan kepercayaan dalam bidang keuangan bagi bank maupun relasi usaha. Ketiga, bisnis startup ini akan mendapat bimbingan dan pengawasan manajerial dari perusahaan modal ventura sehingga bagi bisnis startup yang masih baru dan minimnya pengalaman dapat diarahkan oleh para modal ventura. Berikut merupakan Kategori Startup Paling Diminati Investor :

Karakteristik Start-Up

Sebelum melakukan investasi seharusnya mempunyai beberapa kriteria dalam pengambilan keputusan investasi. Kriteria yang diidentifikasi oleh penelitian menurut dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok. Pertama, faktor strategi bisnis. Kedua, kriteria berbasis pasar yaitu tingkat persaingan, hambatan bagi pendatang baru dan potensi produk, dll. Ketiga, faktor pribadi, seperti pengalaman dan karakteristik pengusaha, serta pertimbanga keterlibatan pasca investasi dan preferensi keluar.

Perusahaan baik dengan ukuran kecil, sedang, hingga besar pertama kali muncul atau lahir berasal dari ide-ide yang dibuat dari si pendiri. Kualitas yang dimiliki pendiri menjadi faktor penting dalam membangun sebuah bisnis serta menjadi salah satu faktor daya tarik para investor karena merasa mempunyai tim manajemen yang kuat dalam menjalankan bisnis. Alasan mengapa kualitas pendiri menjadi sangat penting dalam tahap awal bisnis yang terdiri dari pengetahaun mereka, ketrampilan, dan pengalaman membuat bisnis tersebut menjadi lebih bernilai dan mempunyai potensi baik dikemudian hari. Pernyataan ini juga disebutkan oleh penelitian milik Rostamzadeh (2014) bahwa kualitas dari anggota tim manajemennya akan secara langsung mampu meningkatkan peluang untuk menjadi sukses. Berikut Karakteristik Startup:

  • Usia Suatu Perusahaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN