Otomotif Pilihan

Ini yang Harus Diperhatikan dalam Merawat AC Mobil agar Tahan Lama

3 Juni 2018   19:50 Diperbarui: 3 Juni 2018   20:05 1729 0 0
Ini yang Harus Diperhatikan dalam Merawat AC Mobil agar Tahan Lama
(sumber: http://worldcaredition.blogspot.com)

Umur spare parts AC mobil kita tergantung bagaimana kita merawatnya. Semahal apapun harga spare parts AC Mobil. Kalau tidak dirawat akan sama saja. Hal ini tentu saja membuat kita harus ekstra dalam merawat spare parts AC mobil. Meskipun sebenarnya ada banyak cara sederhana dalam merawat spare parts AC mobil. Namun hal ini harus benar benar kita pahami. Sehingga AC mobil kita selalu dingin dan terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan.

Hal-hal sederhana berikut yang akan kita ulas adalah cara sederhana. Tetapi bagaimana perawatannya ini akan membuat spare parts AC mobil agar selalu dingin dan terhindar dari kerusakan yang parah.

Apa saja itu?

1. Jangan Merokok Didalam Kabin

Selalu hindari merokok di dalam kabin, sekalipun AC mobil dalam keadaan mati. Asap rokok  di area kabin mobil akan meninggalkan bau. Hal ini akan menyebabkan mau tercium saat nanti AC digunakan. Tidak mau dong membuat penumpang mobil kita merasa tidak nyaman. Apalagi kalau mobil keluarga.

Selain itu abu rokok jelas kan mengotori mobil. Bara api rokok yang masih menyala bisa terjatuh dan merusak bagian dalam mobil. Khususnya jok yang terbuat dari kulit ato plastik.

2. Gunakan Selalu AC Mobil

Gunakan selalu ac mobil anda, agar sirkulasi aliran gas freon tidak mengendap di cooling coil (evaporator). Alasannya cukup sederhana, prinsip kerja ac mobil adalah sirkulasi aliran udara dan gas pendingin freon. Jika AC mobil kita jarang digunakan akan mengakibatkan gas freon mengendap dan memuai.

Membuat cooling coil AC mobil Anda cepat keropos kemudian mudah bocor. Jika keadaan evaporator sudah bocor, mau tidak mau kita harus mengganti dengan yang baru.

Pilih mana? Merawat atau mengganti evaporator yang harganya tidak murah?

3. Bersihkan Filter Kabin Secara Rutin

Filter kabin pada sistem Ac mobil adalah tempat yang paling mudah untuk kita bersihkan sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Fungsi dari filter kabin seperti yang sudah kita sampaikan sebelumnya. Yakni memfilter udara yang masuk ke evaporator. Letak dari filter kabin ini ada di bagian bawah drawer dashboard. Cara membersihkannya cukup menggunakan kuas atau menggunakan kompresor angin. Sangat tidak di anjurkan untuk membersihkan menggunakan air karena dapat merusak filter.

Selanjutnya kita harus pastikan bahwa karpet atau lantai dibawah dashboard bersih. Hal ini tentu saja untuk memastikan filter udara tidak cepat kotor karena kita tidak menjaga kebersihan dalam kabin. Selain membersihkan filter kabin,hal yang harus kita perhatikan adalah selalu bawa mobil kita untuk service AC mobil secara rutin. Minimum 6 bulan sekali, tergantung dari medan perjalanan yang kita lewati sehari hari.

4. Bersihkan Kondensor Pada Saat Mencuci Mobil

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kondesor atau yang biasa disebut evaporator. Kondensor ini berfungsi menurunkan suhu dan tekanan freon. Sistem pendingin pada kondensor ini berbentuk kawat spiral yang mana mudah sekali menjadi sarang debu.

Debu yang terkumpul semakin lama akan menjadi lendir yang dapat membuat kawat spiral menjadi keropos. Jika kita rasa performa AC mobil semakin menurun. Kita dapat membersihkan bagian evaporator ini dengan cara menyemprotkan air secara perlahan ke arah kawat spiral yang kotor tersebut.

5. Parkir Mobil Di Tempat Teduh

Kita sering memarkir mobil di bawah terik sinar matahari?

Sebaiknya segera kita hindari kejadian seperti ini. Suhu kabin yang panas mengakibatkan AC mobil bekerja ekstra keras. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada spare parts. Karena spare parts akan mudah aus dan rusak.

Meski ada yang jual spare parts AC Mobil dengan harga super mahal. Kalau cara merawat ini tidak kita lakukan. Maka siap-siap saja masuk bengkel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2