Otomotif

Apa Itu Filter Kabin AC Mobil? Ini Dia

30 Mei 2018   17:24 Diperbarui: 30 Mei 2018   17:38 1921 0 0
Apa Itu Filter Kabin AC Mobil? Ini Dia
rotary bintaro

Pengertian Filter Kabin?

Hingga saat ini khususnya di Indonesia, hanya sebagian kecil orang saja yang mengetahui bahwa filter kabin AC Mobil ada di dalam mobil mereka. Dan bahkan lebih sedikit lagi yang menyadari pentingnya kehadiran dari filter ini. Kenyataan di lapangan yaitu bahwa ada beberapa jenis mobil terutama yang mempunyai tahun produksi di bawah tahun 2005 belum mempunyai filter kabin ini.

Filter kabin adalah sebuah saringan udara yang terletak di dalam mobil. Pada sebagian besar mobil buatan Jepang dan Korea, Filter Kabin / AC ini dipasang pada blower dari sistem AC dimana terletak di belakang laci pada dashboard mobil tersebut. Fungsinya adalah untuk mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Dengan seiring waktu pemakaiaan cepat atau lambat AC mobil pasti akan kotor dari debu yang berlalu lalang. Jika sistem AC mobil tidak menggunakan filter kabin (filter blower) secara otomatis debu-debu akan banyak menempel pada evaporator AC mobil.

Merawat AC mobil merupakan hal yang tidak boleh dianggap sepele oleh pemilik mobil. AC mobil yang terawat dengan baik akan mampu membuat interior ruangan mobil jadi lebih nyaman dan juga memberikan perlindungan bagi kesehatan pemilik mobil. AC yang terawat juga sangat bersahabat bagi lingkungan. AC mobil yang terawat tidak akan membuat mesin mobil lebih berat. Alhasil konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien dan tingkat emisi juga bisa ditekan.

Setiap hari pengendara mobil berada didalam ruangan tertutup dan menghirup udara yang ada di dalam ruangan (kabin) mobil. Dibutuhkan AC mobil yang terawat agar udara yang ada di dalam mobil itu tidak mengganggu kesehatan pengendara mobil. Hal tersebut tentu saja membutuhkan filter kabin yang mampu menyaring semua partikel-partikel kecil dalam udara.

Jenis filter kabin AC Mobil?

Ada dua jenis filter kabin atau filter ac yakni bahan Non Woven (fiber) dan Carbon Aktif (carbon)

Filter kabin Non woven (fiber) adalah Filter Kabin yang berfungsi menyaring debu, serbuk, bakteri dll.

Filter kabin carbon aktif (carbon) adalah Filter Kabin yang mengandung zeolite (carbone active) dan warna kertas abu kehitam -- hitaman. Fungsinya sama dengan Filter Kabin Non Woven tetapi dengan adanya bahan zeolite, maka mempunyai kelebihan tambahan yaitu bisa menghilangkan bau dan menyaring partikel -- partikel yang dapat menimbulkan alergi. Karena bahan utama dari filter kabin ini adalah kertas yang dapat dengan murah rusak seperti sobek dan koyak maka tidak dapat dibersihkan setelah penggunaan 10.000km. sehingga jika filter kabin sudah kotor maka harus diganti dengan yang baru.

Keuntungan Menggunakan Filter Kabin :

Evaporator lebih awet karena tidak terkontaminasi oleh debu

AC mobil terhindar dari bau-bau yang kurang sedap

Yang terpenting adalah kesehatan keluarga terjaga, karena menghirup udara segar setelah tersaring oleh filter kabin

Beberapa partikel kecil yang mampu diserap oleh filter kabin :

  1. Debu
  2. Polutan
  3. Spora
  4. Bakteri
  5. Asap Rokok
  6. Asap Kendaraan
  7. Serbuk sisa-sisa makanan


Semoga berguna.