Mohon tunggu...
Rosyida YuliFridayani
Rosyida YuliFridayani Mohon Tunggu... Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UM Desa Kromengan Gelar Workshop PAUD di Balai Desa Kromengan

5 Juli 2019   17:57 Diperbarui: 5 Juli 2019   22:24 30 1 1 Mohon Tunggu...
KKN UM Desa Kromengan Gelar Workshop PAUD di Balai Desa Kromengan
Foto: Ibu Leni Gonadi, S.Pd, M.Pd saat menyampaikan materi sumber (dokpri)

MALANG Workshop Pendidikan Anak Usia Dini terselenggara pada Senin (17/5) di Balai Desa Kromengan yang dihadiri oleh 38 Tenaga Pendidik dari 20 KB TK se-Kecamatan Kromengan. 

Kegiatan ini diselenggarakan atas keinginan desa meningkatkan potensi yang bisa digali oleh para guru KB dan TK se-Kecamatan Kromengan. Acara telah dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB sampai 11.30 WIB yang secara simbolis dibuka oleh Bapak Bambang Zazuli selaku Kepala Desa Kromengan. 

Penyelenggaraan acara diisi oleh dua narasumber yang berasal dari desa dan dari dosen Universitas Negeri Malang. Narasumber pertama berasal dari Desa Kromengan sekaligus menjabat menjadi ketua HIMPAUDI se-Kecamatan Kromengan---Ibu Arik Judawati, S.Pd AUD. Beliau menjelaskan tentang "Meningkatkan Lembaga PAUD yang Bermutu dan Berkualitas dengan Pelayanan Prima". 

Selanjutnya, narasumber kedua diisi oleh ibu Leni Gonadi yang menjabat sebagai dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Materi yang ditekankan oleh Ibu Leni ialah mengenai "Peningkatan Kompetensi Guru PAUD".

Foto: Ibu Arik Judawati S.Pd AUD saat menyampaikan materi sumber (dokpri)
Foto: Ibu Arik Judawati S.Pd AUD saat menyampaikan materi sumber (dokpri)
Rata-rata guru yang telah mengabdi di Lembaga PAUD masing-masing masih hanya segelintir yang memiliki kompetensi dibidang kePAUDan. Oleh karenanya, tujuan utama dalam penyelenggaraan ini ialah untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan sehingga diperolehnya tata cara dalam meraih akreditasi untuk Lembaga PAUD dan bagaimana menjadi guru yang baik untuk mencapai keempat kompetensi guru sesuai perundang-undangan yang berlaku. Hal tersebut juga didukung dengan antusiasme peserta workshop yang dibuktikan dengan kehadiran peserta setengah jam sebelum acara dimulai.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan Desa Kromengan diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang besar untuk kemajuan Pendidikan di desa Kromengan, khususnya untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Penyelenggaraan workshop diakhiri dengan cerita seputar KBM di PAUD bersama ke-38 tenaga pendidik dipandu oleh ibu Leni dan ditutup dengan do'a oleh Angga sebagai perwakilan mahasiswa KKN.

Jum'at, 5 Juli 2019

Red: Aulia Al Tsani Izzati

VIDEO PILIHAN