Mohon tunggu...
Rosni Dwi
Rosni Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi jurusan pendidikan matematika

Jangan merasa diri tak mampu, karena ada Allah yang selalu membantu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kegiatan untuk Mengisi Waktu Gap Year

22 Agustus 2022   21:17 Diperbarui: 22 Agustus 2022   21:18 168 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Matese Fields via Unsplash

Ada beberapa orang yang akhirnya memutuskan untuk gap year. Sebenarnya gap year itu bisa membangun personal branding kita, jika kita bisa memanfaatkan waktu yang cukup lama itu dengan sebaik-baiknya.


Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu gap year mu. Pertama, mengasah skill. Coba cari apa potensi yang ada dalam dirimu kemudian asah potensi itu hingga akhirnya kamu mempunyai minimal satu kesukaan yang nantinya kamu bisa menjadi ahli di bidang itu.


Untuk menemukan apa potensi yang ada dalam diri kita itu butuh proses. Jika, kalian benar-benar bingung, kalian bisa mencoba semua hal dan tentukan mana kegiatan yang paling menyenangkan dan kamu dirasa nyaman melakukan itu.


Untuk kegiatan yang kedua yaitu magang/ bekerja paruh waktu. Ini bisa kamu lakukan sambil mengisi waktu luang. Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu misalnya. Sekarang ini sangat dibutuhkan jasa freelancer seperti, content writer, translator, design grafis, editor, dan masih banyak lagi. Selain itu, magang/bekerja paruh waktu bisa membuat CV lebih bagus nantinya.


Ketiga, berolahraga. Punya waktu luang yang panjang jangan dihabiskan dengan rebahan saja, Tetapi, harus digunakan untuk merawat tubuh kita agar tetap bugar. Misalkan, rutin jalan kaki 30 menit setiap hari. Meskipun hanya jalan kaki, tapi khasiatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh kita.


Keempat, mempersiapkan test masuk universitas tahun depan. Biasanya kalau punya waktu yang lama itu suka malas-malasan. Apalagi ini waktu kosong hampir satu tahun. Kebanyakan dari mereka yang gap year itu suka menunda untuk mempersiapkan test tahun depannya lagi. Seharusnya dari awal memutuskan gap year itu sudah merencanakan jadwal untuk mengulas kembali materi yang akan di ujian kan.


Itulah empat kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu gap year mu agar kamu tidak terlihat ketinggalan dengan teman seangkatan sekolahmu. Meskipun awal masuk kuliahnya beda, tetapi kamu juga sebenarnya sedang menginvestasikan kegiatan bermanfaat untuk bisa dipetik hasilnya dalam jangka waktu panjang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan