Intan Rosmadewi
Intan Rosmadewi lainnya

Pengajar, Kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain ; sesungguhnya adalah kebaikan untuk diri kita sendiri QS. Isra' ( 17 ) : 7

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

RedsDipo Meeting Point Penggemar Sepak Bola dan Ikan BawaL

18 September 2015   21:46 Diperbarui: 23 September 2015   07:02 174 3 2

[caption caption="logo pada menu RedsDipo pic : dok.pribadi"][/caption]

Tidak pernah terfikirkan dan terbayangkan bagi #makhluk_udik dari Bandung coret ada resto ikan bawal berawal dari komunitas para penggemar persepak bolaan yang rutin mangkal di jln Diponogoro Bandung. 

Para penggemar Liperpool  ini selain gila bola mereka juga penggemar ikan bawal bakar dan si penjual biasa mangkal di jalan Diponogoro, sebagai warung tenda yang biasa di kejar – kejar tibun kemudian nomaden mencari tempat aman dari waktu kewaktu.  

Hingga akhirnya setelah tiga belas tahun mengukir kerja keras pantang susah Warung Ikan Bawal secara bertahap dapat menempati lantai 1 dan 2 di Dipati Ukur no 1 Bandung.   

Saat penulis mendapat undangan dari komandan #bloggerBDG Bang Aswi bahwa warung RedsDipo ada di wilayah DU (Dipati Ukur),   sebenarnya sempat bingung juga, berkaitan dengan jalan DU yang lumayan panjang, dari mulai perempatan Simpang – Dago hingga Taman Dago daerah Cikapayang.   

Alhamdulillah ternyata lokasinya sangat strategis sekali beberapa meter samping gedung BCA ada di bawah jembatan Pasopati jika dari Utara Kota tempat penulis bermukim menggunakan angkot dua kali, dengan ongkos sekitar dua puluh ribu saja pp.

 

[caption caption="Bawal Goreng Bakar RedsDipo"]

[/caption]

 

Makna RedsDipo  

Bahwa para penggemar ikan bawal baik dengan pesanan menu yang di bakar maupun yang di goreng juga sebagai komunitas yang nge - fans berat pada kesebelasan Liperpool (Reds) 

 

Adapun jalan Diponogoro salah satu gedung fenomenal dan bersejarah bagi urang Bandung mah teu birek deui        ( untuk orang Bandung sudah tidak asing lagi Bhs Sunda ) yaitu Gedung Sate yang ada tusukan menjulang keatas dan ada pentul – pentulnya ; memang seperti tusuk dan daging sehingga dikenal saja sebagai gedung sate markas besar Gubernur Jawa – Barat beserta rengrengannya ( para mitra kerja Gubernur ).   

 

Primadona Ikan BAWAL  

Sebelum mendapatkan brand RedsDipo resto ini bernama Warung Ikan Bawal, yang kini dapat kita kunjungi sejak jam 10 pagi hingga 10 malam juga telah memiliki tempat permanen, pemilik Reds Dipo tidak perlu gelisah . . . khawatir hujan, atau dikejar satpol pp dan tantangan – tantangan berat lainnya, termasuk kemudahan memperoleh suplier diantaranya dari Blanakan dan Subang.

 

[caption caption="ikan bawal selfie goreng bakar RedsDipo pic : dok.pribadi"]

[/caption]

 

Konon beberapa tahun saat merintis warung ikan bawal, para mahasiswa Ekonomi Unpar ini sebanyak empat orang segala sesuatunya di kerjakan sendiri termasuk belanja mencari dan memilih ikan pilihan yang telah menjadi standar penjulan.   

Untuk ikan – ikan segar yang di butuhkan diantaranya adalah bawal, kerapu dan banjar yang selfie artinya satu ikan berukuran antara 250 – 300 gram untuk satu orang penikmat.  

Salah satu latar belakang owner mengembangkan resep masakan ikan di kota Bandung, karena berdasarkan penelusuran budaya, masyarakat Sunda itu adalah masyarakat pegunungan yang tidak memiliki budaya kuliner ikanlaut (seafood) dan sejenisnya paling ikan mas, mujair dan nila.  

Sesungguhnya memilih ikan bawal sebagai alternatif kuliner di kota Bandung adalah pilihan bijaksana dan strategis bagi pembangunan fisik masyarakat dan perkembangan baik otak juga otot warga, paling tidak ada empat belas keunggulan ikan bawal yang bisa kita jadikan budaya hidangan sehat dan kaya manfaat,   yaitu :       

Bisa dilihat dengan lengkap disini :

  •   Pertumbuhan Otak Balita

Diantara kandungan ikan bawal ada DHA ( Docosahexaenoic Acid ) dan EFA ( Essential Fatty Acid ) keduanya adalah sejenis lemak esensi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dari jenis makanan, maka EFA diantara beberapa manfaatnya adalah membantu pembentukan sistem sel, mengatur sistem syaraf dan membangun kekebalan tubuh adapun DHA memiliki fungsi untuk perkembangan otak dan mata. Jika memahami tentang pentingnya DHA dan EFA yang terkandung dalam ikan bawal, tentu saja ibu hamil dan menyusui, demikian balita dan remaja yang tengah tumbuh dan berkembang otomatis dangat membutuhkan kandungan jenis lemak ini yang terdapat pada ikan bawal.

 

  • Menu diet yang pas

Bagi penggemar ikan bawal tampaknya program diet karena misalnya terlalu gemuk, ikan bawal tidak akan menjadi pantangan karena jenis ikan ini tidak mengandung karbohidrat dan kalori yang biasanya menjadi masalah saat seseorang tengah menjalani diet ketat, bahkan salah satu keunggulan dari kandungan ikan bawal membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

 

  • Memperkuat ketahanan tubuh

Salah satu vitamin yang terkandung dalam ikan bawal adalah vitamin D, kalsitriol dalam vitamin D bermanfaat bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh agak memble misalnya sedikit kena angin langsung filek, pusing atau batuk maka penting ngedoping lewat makanana kaya kandungan protein ya . . . di ikan bawal ini.

 

  • Menjaga kulit tetap awet muda

Ikan bawal kaya akan kandungan vitamin D ; salah satu fungsinya disamping meningkatkan kekebalan tubuh juga membantu meremajakan sel kulit, sehingga kulit akan tampak segar dan sehat dari dalam, bukan hanya sekedar karena riasan atau make – up yang dipulaskan oleh kaum perempuan pada wajahnya.

 

  • Mengurangi Depresi

Salah satu penyebab depresi secara kurangnya asupan rendahnya asam lemak omega 3 ; berdasar info dengan mengkonsumsi ikan bawal setiap hari mampu mengurangi resiko depresi dalam jiwa kita, karena asupan gizi asupan lemak telah terpenuhi minimalnya dampak dari makan ikan menimbulkan rasa ngantuk dan dapat tidur pulas dengan kualitas istirahat yang sempurna.     

Penting dicatat juga disini, bahwa pemeliharaan ikan bawal khususnya bagi petani ikan,   prosesnya relatif sederhana dan murah, karena tidak perlu di beri makan fabrikan yang harganya mahal seperti pelet sehingga akan lebih menguntung petani ikan.

 

[caption caption="RedsDipo dan sebagian suasana makan siang pic:dok.pribadi"]

[/caption] 

RedsDipo Kuliner Kesehatan Jiwa dan Rasa

Seluruh pengunjung di Redsdipo tidak akan dibiarkan merana rasa, disana aneka masakan khususnya ikan bawal lahir dari beratnya pergumulan perjuangan ownernya.

Menu ikan yang sebagian kecilnya terdiri dari : bawal hitam ; bawal putih ; kerapu; nila dan cumi disiapkan juga bawal hitam / putih asam manis ; cumi dan bawal hitam balado plus penyempurna rasa sambel nonjok tyson dan sambel lado dengan tomat chris john.

Petualangan rasa ikan bawal goreng bakar ( digoreng sekejap langsung di bakar ) dengan ketrampilan ala chef RedsDipo, semoga ini adalah deskripsi yang imagine, ikannya empuk tidak amis, gurih manisnya kena dan aroma margarin sekejap dan sepintas semacam perpaduan rasa keju pilihan dengan roti empuk saat sarapan bersama susu murni yang hangatnya menusuk ujung lidah.

Bersamaan dengan bertualang rasa ikan bawal ada semacam asesoris indah dilidah adalah KAILAN CRUNCHY - Fried baby kailan diolah seperti mengunyah rumput laut Jepang norikah . . .    

Khusus untuk sambelTyson, mengingat kekhawatiran terhadap keselamatan lambung penulis yang hampir uzur (bukan anak muda lagi), sehingga hanya berani mencocol dengan satu kepal nasi saja, itupun sudah cukup dan tersaving. Bayangan sambel Chris John dan Tyson ia meresap pedas secara perlahan seperti air yang mengalir sabar dan merembes di tanah dengan permanen . . . lha ini nempel dilidah secara permanen . . . terkesan akan meledak saja.

[caption caption="Robusta Ice Milk Inspiring pic:dok.pribadi"]

[/caption]

 

Segala cita rasa sempurna itu ditutuplah dengan dessert : Taro ; Grean Tea ; Strawberry dan manggo, keindahan rasa yang di setting secara nyata bahkan penulis mengakhirinya dengan Robusta Ice Milk.  

Robusta Ice Milk ini akan menjadi inspirasi tersendiri bagi penulis karena potongan – potonga ice batu adalah adonan kopi robusta yang didinginkan dan dicemplungkan pada gelas yang telah diisi susu murni dengan gula, dan saat menikmatinya butuh timing tepat agar potongan kopi tidak tersisa dalam potongan beku tanpa pemanis dan penggurih rasa.   

Dari Bertualang Rasa di RedsDipo inilah terasa beberapa keunggulan yang perlu dibuktikan bagi konsumen dan calon pelanggan :   

Keunggulan Pertama :

RedsDipo kuliner unggulannya adalah ikan goreng bakar dengan jenis ikan yang cukup variatif, seperti diantaranya : bawal, krapu dan banjar semuanya dijaga kesegarahnya.

Keunggulan kedua :

Pelayanan yang cepat, tidak pakai lama terbukti saat makan siang bukan semata kami sebagai undangan kemudian mendapat prioritas layanan akan tetapi jelas bisa kami amati bersama hampir seluruh pengunjung yang datang dilayani dengan sigap dan segera.  

Keunggulan ketiga :

Harga adalah nilai yang sebanding lurus dengan pengalaman mengelola rasa dan pengalaman memanjakan pelanggan, sampai – sampai RedsDipo memiliki Slogan Jimat :   

“Jangan bilang tidak suka ikan kalau belum makan di RedsDipo”    

 

Memang pembuktian adalah proses pembuktian kejujuran yang butuh planning juga actuiting

Salam Kuliner Bandung Juara

Sabtu,  19 September 2015 M  / 5 Dzulhijjah 1435 H

 

[caption caption="RedsDipo Warung Bawal "]

[/caption]

 

 

Twitter RedsDipo The Best

REDSDIPO, jl. Dipati Ukur no. 1, Bandung.

Makan bukan merupakan hal yg harus dipikirkan

cukup dinikmati aja :) - member of SINDIKAT KULINER