Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menuai Apa yang Kita Tabur (Seri 118)

30 Juni 2021   04:32 Diperbarui: 30 Juni 2021   06:06 173 35 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menuai Apa yang Kita Tabur (Seri 118)
perumahan Senior Citizen di Windang dari kejauhan (dok pribadi)

Perkampungan Senior Citizen

Perkampungan ini merupakan perkampungan biasa hanya penghuninya semua warga senior yang sudah menjadi penduduk Australia. Jadi berbeda dengan panti Jompo dinegara kita. Disini ada klinik perawatan untuk warga yang membutuhkan dan ada club club untuk ikut latihan berbagai kegiatan.

Ada kegiatan olah raga, membaca, menyanyi dan ada juga kegiatan sosial sebagai voluntir. Mereka  ini bekerja untuk sosial tanpa digaji. Ada yang ikut kegiatan sosial dilapangan tapi yang sudah senior biasanya ikut kegiatan sosial di toko second hand, seperti  Vinnies dan Opps Shop 

daftar harga rumah di Windang (dok pribadi)
daftar harga rumah di Windang (dok pribadi)
Kembali ke perkampungan senior Citizen yang terletak dipinggir Lake Illawara yang lokasinya berada dekat  jembatan Windang. Jembatan yang membelah lake Illawara  menghubungkan kota kota lain dengan Wollongong. 

Rumah rumah mereka terbuat dari papan dan semi permanen yang dijual kepada mereka dengan harga murah. Hanya saja mereka tidak bisa menjual kepada orang lain lagi bila sudah membeli,harus ditinggali sendiri. 

Pengertian " murah" disini tentu berbeda dengan harga rumah murah di Indonesia. Kalau di negeri kita rumah sederhana mungkin bisa dibeli dengan harga sekitar 500 juta rupiah. 

Tapi disini harga rumah untuk para warga senior senilai sekitar 150 ribu dollar atau 1,5 miliar rupiah. Sebagai gambaran, unit apartment yang dulu kami jual di Mediterranean Lagoon Residence di Kemayoran Jakarta hanya dapat rumah tipe perumahan Senior disini.

salah satu rumah di Senior Citizen Windang (dok pribadi)
salah satu rumah di Senior Citizen Windang (dok pribadi)
Kami mengunjungi Perkampungan ini dari rumah membutuhkan waktu 15 menit berkendaraan. Begitu sampai terlihat Tulisan di pintu masuk gerbang Senior Citizen Village harga rumah mulai dari  131.500 dolar jadi dirupiahkan bernilai sekitar  Rp1.315.000.000. Bangunan ini terdiri dari satu kamar tidur, ruang tamu, dapur dan garasi.

Harga rumah disini amat bervariasi tergantung lokasi  dan luas bangunannya.Semakin kedalam semakin murah ada yang harganya 100.000 dolar. Standar harga rumah disini berkisar 500 dan 600 ribu dolar. Kalau ditepi pantai,harga rumah bisa 3 kali lipat.

rumah rumah lebih besar dengan harga lebih mahal(dok pribadi)
rumah rumah lebih besar dengan harga lebih mahal(dok pribadi)
Keamanan dan kebersihan serta ketenangan terjaga.

Kami  memakir kendaraan ditempat pakir karena kami tidak bisa masuk dengan kendaraan disebabkan tidak punya akses.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN