Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Membaca dan Menulis, Efektif Menghambat Penuaan Dini

11 Oktober 2019   03:32 Diperbarui: 11 Oktober 2019   03:38 0 34 19 Mohon Tunggu...
Membaca dan Menulis, Efektif Menghambat Penuaan Dini
Ilustrasi: moneycrashers.com

Cara Alami Merawat Diri Agar Sehat Lahir Batin Hingga Menua

Kita sering mendengar bahwa membaca dan menulis itu berguna untuk mencegah kepikunan .Dengan membaca dan menulis kita membiasakan otak kita bekerja ,sehingga merangsang otak agar terus aktif.

Berbeda dengan mesin,yang semakin sering di gunakan,akan semakin cepat mengalami kerusakan,justru otak kita,semakin digunakan akan semakin tajam dan sehat.

Orang yang sering membaca,belum tentu juga menulis. Tapi seorang penulis,sudah pasti akan banyak membaca,agar mendapatkan inspirasi dari buku buku yang dibacanya dan sekaligus belajar menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.

Ternyata Ada Manfaat Lain Yang Tak  Kalah Penting

Menurut penelitian di  University  Yale, ternyata   orang yang membiasakan diri untuk membaca dan menulis ,secara konsisten bukan hanya dapat mencegah kepikunan,tapi juga  dapat mencegah penuaan dini karena dengan menulis orang mengasah otaknya, sehingga otak bekerja secara aktif,memproduksi sel sel otak , sehingga menghambat penuaan dini. 

Rata rata orang yang aktif membaca dan  menulis ,akan dapat memperpanjang harapan hidup 12 hingga 15 tahun.

Karena dengan jalan membiasakan diri untuk membaca dan menulis rata rata sekitar 3 -4 jam seminggu,maka hal ini merupakan rangsangan agar otak kita berkerja memproduksi selsel baru untuk mengganti sel sel yang sudah aus.

Disamping menjadikan membaca dan menulis,bagian dari kegiatan rutin,tentu perlu setiap hari merawat kesehatan phisik,dengan cara berjalan kaki keluar rumah.

Penuaan dini

Apa yang dimaksud dengan penuaan dini? Penuaaan dini ini tidak hanya semata mata, kulit wajah  saja yang berkerut ,melainkan terjadi penurunan daya daya hidup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2