Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata ibu rumah tangga

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengunjungi Basar Kepedulian terhadap Anak

15 November 2017   06:02 Diperbarui: 15 November 2017   07:51 246 6 5
Mengunjungi Basar Kepedulian terhadap Anak
GYM BUS (dokumen Roselina)


Mengunjungi Basar Kepedulian Terhadap Anak

Pada hari Minggu tanggal 12 Nopember 2017 kami mengunjungi  Basar di  Burswood Park ,yang masih termasuk dalam wilayah Victoria Park.Lapangan parkir tampak sudah penuh dengan berbagai kendaraan pengunjung. Syukur masih ada satu ruang ,dibawah pohon,sehingga kami memarkir kendaraan .Turun dari kendaraan ,langsung melangkah menuju  ketempat keramaian.Ternyata tidak ada penjualan tiket masuk,sehingga siapapun bebas untuk mengunjungi basar ini.

Menurut salah seorang panitia, kegiatan sosial ini diselenggarakan oleh komunitas sosial ,yang didukung oleh pihak Children Hospital. Tujuannya adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan masyarakat,untuk membantu anak anak yang kurang beruntung. Karena walaupun pemerintah sudah memberikan perhatian secara maksimal,namun tidak semua kebutuhan anak anak ini ,dapat teratasi.Antara lain,mempersiapkan mereka untuk mampu hidup mandiri ,dengan segala kekurangan yang ada pada diri mereka.

salah satu atraksi (dokumen Roselina)
salah satu atraksi (dokumen Roselina)

Mobil Ambulans Siap Sedia

Menyimak kesegala sudut lokasi basar ini,tampak kentara,bahwa Panitia penyelenggara ,mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Dibeberapa lokasi,tampak para Sekuriti mengambil posisi standby ,sambil mengawasi jalannya perlombaaan dan kegiatan lainnya.Sementara itu,disudut kiri lapangan,terparkir Ambulans dan di sekitarnya duduk beberapa orang tenaga medis,yang mengenakan pakaian putih putih,yang siap sedia.Sedangkan tidak jauh dari sana,tampak kendaraan Polisi juga siaga.

mobil ambulans siap sedia(dokumen Roselina)
mobil ambulans siap sedia(dokumen Roselina)

Bus bertuliskan GYM BUS 

Salah satu yang menarik perhatian,adalah kendaraan  besar bertuliskan GYM BUS dimana anak anak bisa bermain seperti ditempat latihan gymnastic.Disini tampak anak anak saling berbaur. tanpa memisahkan anak-anak yang normal dan yang mengalami keterbelakangan. Mereka bermain bersama dengan riang gembira memasuki mobil dan ada yang memanjat sampai kebagian mobil yang diatas karena mobilnya bertingkat. .Disalah satu spanduk yang terpajang di kendaraan ini,tampak tulisan ;' Bus like a home". Dengan cara ini,anak anak dididik untuk saling bermain dan bergaul.tanpa membedakan anak anak yang kurang beruntung

bus dimana anak-anak bebas bermain(dok.Roselina)
bus dimana anak-anak bebas bermain(dok.Roselina)

Lost and Found Kid.

Kami melihat juga ada posko untuk mengantisipasi ,seandainya ada anak anak yang kesasar atau tidak tahu jalan untuk kembali ketempat dimana orang tua mereka  berada,karena lokasi lapangan yang cukup luas..Sehingga para orang tua yang membawa anak anak mereka,tidak perlu kuatir lagi,karena diberbagai sudut sudah diantisipasi oleh panitia.Mereka dengan bebas bermain dan mengikuti berbagai atraksi ,tanpa takut kesasar

Stand Lost and Found Kid(dok.Roselina)
Stand Lost and Found Kid(dok.Roselina)

 Latihan Panjat Tebing

Disini anak anak dilatih untuk mengalahkan rasa takut . Setiap anak diberikan kesempatan yang sama,termasuk anak anak yang kurang beruntung. Disini mereka dilatih ,untuk percaya diri,bahwa kalau yang lain bisa,mereka juga pasti bisa. Bagi yang baru dalam tahap belajar awal,dibantu sepenuhnya oleh panitia,Sedangkan yang sudah mahir dapat melakukannya secara mandiri.Namun tetap saja diawasi oleh beberapa orang panitia. Tampak pengamanan disini,sudah maksimal.untuk mengantisipasi,agar jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

stand latihan memanjat tebing (dok.Roselina)
stand latihan memanjat tebing (dok.Roselina)


Belajar disiplin 

Anak anak juga diajar berdisiplin .Misalnya ,dalam hal berbelanja harus antri satu persatu menunggu gilirannya masing masing . Mereka mematuhi semua peraturan,karena biarpun banyak anak berbelanja dan makan ,tapi kita tak menemukan sedikitpun sampah berserakan di rerumputan. Semua terlihat bersih dan rapi.Bagi yang haus panitia menyediakan air minum secara cuma cuma,namun bagi yang merasa lapar dan ingin menikmati makan siang disana,ada kantin yang disediakan,tapi tidak gratis.

antri membeli makanan (dok.Roselina)
antri membeli makanan (dok.Roselina)

Maraton

Di kegiatan ini juga diadakan kegiatan maraton. Barang siapa yang mau  ikut maraton ,dapat  mendatar disini untuk ikut.Tergantung jarak yang kita pilih 6 km atau lebih.sampai 15 km.Diantaranya ,ada seorang anak bernama Singlenton anak laki-laki usia 12 tahun ,penderita kanker bertekad mau mengumpulkan uang sebanyakbanyaknya untuk disumbangkan ke Children Hospital dengan mengikuti lomba maraton pada 12 Nopember ini .Remaja ini,sedang dalam perawatan di rumah sakit Prinses Margaret sudah dua tahum .

Menyaksikan betapa besarnya kepedulian masyarakat,untuk mendukung pemerintah,mengatasi berbagai masalah yang menimpa anak anaksungguh menghadirkan rasa kagum dan salut.


Burns Beach , 15 Nopember 2017.


Salam saya,


Roselina