Mohon tunggu...
Rosana Ambarwati
Rosana Ambarwati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Stay Safe Stay Healthy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Undip x Unicef: Mahasiswa Undip Memberikan Edukasi Tata Cara Mencuci Tangan yang Benar dan Adaptasi Kebiasaan Baru

30 November 2021   07:42 Diperbarui: 30 November 2021   08:05 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemiri, Boyolali - Universitas Diponegoro bekerjasama dengan UNICEF mengadakan program KKN khusus yang bertemakan "KKN Tematik Vaksinasi". Tujuan dari diadakannya program KKN ini sendiri adalah untuk mendukung percepatan SDG's melalui percepatan vaksinasi serta pencegahan penularan Covid-19. Di Jawa Tengah, terdapat 18 kabupaten yang bergabung dalam program ini, salah satunya adalah Kabupaten Boyolali.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Boyolali terus menunjukkan penurunan. Dinas kesehatan  (Dinkes) setempat mencatat tidak ada penambahan kasus baru dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Dengan adanya penurunan tersebut, pemerintah Kabupaten Boyolali mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) di beberapa sekolah. Salah satu sekolah yang telah melaksanakan PTM adalah SDN 1 Kemiri yang terletak di Kelurahan Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali.

Pada masa pandemi seperti ini ada beberapa protokol kesehatan yang harus dijalankan selama kegiatan PTM. Di SDN 1 Kemiri, penerapan protokol kesehatan sepeti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sudah berjalan cukup baik. Namun, masih ada beberapa kekurangan, salah satuya adalah dalam penerapan cuci tangan yang baik dan benar. 

Masih banyak siswa-siswi yang belum mengetahui bagaimana sebaiknya cara mencuci tangan yang tepat. Oleh karena itu, sesuai dengan tujuan dari program KKN yaitu untuk mencegah penularan Covid-19 mahasiswa Universitas Diponegoro, yaitu Rosana Ambarwati (21) melakukan program edukasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan media poster kepada siswa-siswi di SDN 1 Kemiri. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 13 November 2021.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Mahasiswa memberikan penjelasan dan mempraktekkan tahap-tahap mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Setelah itu dilanjutkan dengan menempelkan poster di sekitar area sekolah dan di fasilitas cuci tangan yang tersedia. Para siswa langsung mempraktekkan kegiatan tersebut dengan dipantau langsung oleh ibu guru terkait.

Setelah melakukan praktek mencuci tangan. Mahasiswa Universitas Diponegoro melanjutkan kegiatan dengan sosialisai dan membagikan buku saku "Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi Covid-19". Buku saku tersebut berisikan materi tentang hal-hal atau kebiasaan baru apa saja yang perlu dilakukan selama menjalankan aktivitas di masa pandemi. Dengan adanya buku saku yang dibuat dengan sederhana dan juga menarik, diharapkan para siswa mampu memahami penerapan kebiasaan baru dengan mudah.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dengan dijalankannya beberapa program tersebut di harapkan para siswa SDN 1 Kemiri dapat terus melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Selanjutnya para siswa juga dapat menerapkan kebiasaan baru di mana pun dan kapan pun, guna meningkatkan pencegahan penularan virus dan memutus mata rantai persebaran Covid-19. Sehingga nantinya Kabupaten Boyolali tidak mengalami peningkatan kasus dan bebas sepenuhnya dari Covid-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan