Mohon tunggu...
Ni Kadek Rosa Amalia Putri
Ni Kadek Rosa Amalia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

Saya merupakan Mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga. Saat ini saya sedang mengikuti mata kuliah Logika Pemikiran Kritis di kelas D-1.11.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pentingnya Big Data dalam Jurnalisme

3 Juli 2022   19:40 Diperbarui: 3 Juli 2022   19:50 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Era digital yang sedang berlangsung saat ini membawa big data – era mulai dikenal dan populer untuk setiap kegiatan dengan analisis hitung yang membuat data terus diproduksi dalam berbagai media digital baik sosial media, situs web, dan media informasi lainnya. Kebutuhan dengan menggunakan data menjadi pilihan berbagai bisnis yang mengikuti perkembangan kebutuhan pasar dalam berbagai sektor industri, tidak terkecuali industri jurnalisme. Jurnalisme sebagai aktivitas menyusun dan menyebarkan informasi mengalami perkembangan sistem proses penyusunan materi yang berasal dari sumber data. Sumber data yang semula berasal dari pola mengutip dengan tidak disertai batasan pembahasan yang jelas memiliki nilai akurasi yang cenderung kurang kredibel bagi pembaca. Dengan pola penyusunan berita seperti ini, tentu berisiko terhadap bias konteks dan salah tafsir terlebih dalam tren fenomena hoaks dan mudahnya akses informasi yang mudah mempengaruhi publik. Oleh sebab itu dengan adanya jurnalisme data atau jurnalisme yang berbasis data pada setiap proses penyusunan berita mulai dari rancangan rencana liputan hingga publikasi, terdapat aktivitas baru sebagai pola kerja jurnalisme data dengan deskripsi kerja untuk kategorisasi konteks, mengolah dan menganalisis data, hingga menentukan sajian bentuk laporan hasil penyusunan yang ditampilkan dalam bentuk infografik dan videografi. Bentuk sajian yang menampilkan perbandingan nilai, nilai, dan gambar sebagai pendukung data dapat menarik minat baca publik karena dinilai dapat dipertanggungjawabkan dengan sumber-sumber yang dicantumkan, selain itu bentuk sajian ini juga memiliki nilai estetika yang unggul dibandingkan sajian konvensional yang umum sebelumnya. Dengan berbagai keunggulan yang dapat dilihat dari hasil sajian berita tersebut, maka dapat diketahui bahwa big data memiliki peran besar dalam perkembangan jurnalisme masa kini (Ashari et al., 2019). Hal ini dapat diketahui berdasarkan keterkaitannya dengan kemajuan teknologi, internet sebagai faktor adanya big data telah menghasilkan jumlah data yang sangat besar karena terus bertambah setiap harinya. Pola aktivitas yang menjadi rutinitas seperti mengirim dan mengunduh dan masih banyak lagi akan terus bertambah selama penggunaan internet terus berlangsung. Dikutip dari Forbes, diketahui bahwa perkembangan data akan terus tumbuh pada tiap tahun lebih besar dari tahun sebelumnya, informasi baru yang nantinya akan menjadi data baru menjadi hasil penggunaan internet oleh setiap manusia pada setiap detiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan