Mohon tunggu...
Rosa Citra Lestari
Rosa Citra Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswi

Unsil, Ekonomi Syariah 2017

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Indonesia Menang di Era Perdagangan Bebas

2 Juni 2020   19:45 Diperbarui: 2 Juni 2020   22:19 35 0 0 Mohon Tunggu...

Dapat kita ketahui pasar bebas adalah tempat pertemuan penjual dan pembeli. Dimana para penjual dan pembeli tersebut memiliki kebebasan penuh dalam memutuskan masalah perdagangan dan bisnisnya. Sistem ekonomi pasar bebas,  para penjual dan pembeli itu benar benar memiliki memiliki kebebasan yang penuh dalam menjalankan kegiatannya. Pasar bebas juga berfungsi untuk memberikan informasi harga dan jumlah permintaan barang.

Nahh Indonesia juga akan bersaing dalam pasar global. Untuk menghadapinya, Indonesia harus meningkatkan daya saing karena pertahanan yang bagus yaitu menyerang. Untuk ke depan Indonesia tidak akan ada batasnya untuk tetap maju dalam persaingan ini. Apa lagi dalam era digital ekonomi, misalnya sepuluh tahun dari sekarang produk bisa dikirim melalui 3D printing. Dalam situasi ini pengusaha harus meningkatkan dalam pemasaran produk, karena kalo hanya membuat tapi tidak bisa memasarkannya akan percuma.

Indonesia juga harus meningkatkan Sumber Daya Manusia agar meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain. Juga memperbaiki produk untuk lebih baik lagi. Karena produk barang dan jasa dalam segi harga dan kualitas akan mampu menyaingi produk dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Maka jika Indonesia siap memenuhi itu semua, Indonesia akan menang di era perdagangan bebas. Karena pemberlakuan pasar bebas memiliki konsekuensi bahwa setiap negara yang menjadi peserta harus mempunyai kompetensi dan kemampuan mumpuni, khususnya di bidang inovasi dan teknologi untuk memenangkan persaingan. Insyaallah...

VIDEO PILIHAN