Mohon tunggu...
Rori Idrus
Rori Idrus Mohon Tunggu... Pemulung Hikmah

Pemulung hikmah yang berserakan untuk dipungut, dirangkai menjadi sebuah tulisan dan pelajaran kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bosan di Rumah Saja? Yuk Coba Tips Berikut Ini

6 April 2020   14:40 Diperbarui: 6 April 2020   14:47 99 0 0 Mohon Tunggu...

Semenjak pemerintah mengeluarkan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan sosial distancing, bagi pekerja formal dan disiplin sesuai himbauan, maka sejak saat itu berada dirumah saja.

Himbauan tersebut semula dikeluarkan pemerintah selama dua pekan yaitu mulai 16-29 Maret 2020.

Kemudian masa tanggap darurat Corona diundur pemerintah sampai tanggal 29 Mei 2020, ini berarti kita para pekerja formal beserta keluarga akan semakin lama dirumah saja.

Sebagai mahluk sosial, tentu dengan keadaan tersebut membuat kita merasa jenuh dan bosan, kita sudah rindu bertemu dengan saudara, teman tak terkecuali rekan-rekan kerja kita.

Pun demikian, anak-anak kita sudah bosan dan jenuh karna terlalu lama dirumah saja, mereka rindu dengan teman-teman nya baik teman bermain disekitar rumah maupun teman sekolah.

Untuk mensiasati hal tersebut, kita sebagai orang tua dituntut untuk memiliki kreativitas dan ide-ide cerdas serta menarik agar anak-anak tidak bosan dan jenuh dirumah saja.

Selain itu, dengan kebijakan belajar dari rumah, kita sebagai orangtua berperan penting agar anak-anak kita masih terus belajar selama dirumah saja.

Kita harus memastikan anak-anak mengikuti pelajaran secara daring dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya.

Nah, untuk mensiasati rasa bosan dan jenuh yang sudah mulai dialami kita dan keluarga tercinta kita, maka berikut ini tips-nya.

1. Olahraga
Olahraga penting untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, olahraga dan konsumsi nutrisi membuat oksigen dan aliran darah menjadi lancar, sehingga kita memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Daya tahan tubuh yang baik juga bisa menjadi salah satu senjata kita untuk menangkal virus yang masuk ke tubuh kita.

Lakukan olahraga ini secara rutin dan libatkan anak-anak kita untuk ikut serta.

2. Menonton acara di televisi atau gadget
Menonton acara serial di televisi bisa membuat kita tidak bosan dan jenuh, selain itu kita juga bisa menonton acara komedi agar tubuh dan jiwa kita dalam kondisi bahagia.

Dengan menonton acara komedi membuat kita tidak mengalami stress ditengah pemberitaan yang masif soal Corona.

Tetapi menonton televisi atau gadget perlu dibatasi demi mengurangi radiasi yang ditimbulkan dari televisi atau gadget kita.

3. Mendengarkan atau memainkan alat musik.
Musik, dinilai dapat membantu meredakan stres, membuat kita merasa menjadi lebih semangat, dan bahkan dapat membantu meredakan nyeri. Siapa sangka, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara yang begitu menyenangkan.

Kalau dirumah ada alat musik, maka kita bisa bersama-sama dengan keluarga bermain alat musik dan menyanyi bersama sehingga selain mempererat hubungan keluarga juga menjadi hiburan untuk menghilangkan rasa bosan, jenuh dan stress.

4. Memasak menu baru
Kalau Anda hobi memasak, maka untuk mengusir bosan dan jenuh Anda bisa mencoba memasak menu-menu baru yang selama ini belum dicoba.

Selain membuat Anda merasa memiliki tantangan baru, juga supaya anggota keluarga tidak merasa bosan menikmati hidangan yang Anda sajikan setiap harinya.

5. Bermain bersama anak atau pasangan kita.
Tips berikutnya ini, selain mempererat hubungan antar keluarga, bermain bersama anak merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi.  

Anak-anak kita perlu mendapat kesempatan bereksplorasi dan mengembangkan imajinasinya, buat permainan yang menyenangkan sehingga dapat mengusir rasa bosan dan jenuh bahkan stress pada anak.

5. Melakukan ibadah bersama
Ini merupakan kegiatan positif yang bisa jadi sejak terjadinya pandemi Covid-19 menjadi sering dilakukan, padahal sebelumnya jarang sekali dilakukan.

Melakukan ibadah bersama ini menjadikan anak-anak kita terbiasa sejak kecil melalukan sholat berjamaah, sehingga menjadi pondasi untuk perjalanan hidupnya dalam beragama sampai dewasa kelak.

Selain sholat berjamaah bersama keluarga, usahakan anak-anak kita juga terbiasa membaca Al-Qur'an dengan bimbingan kita sebagai orangtuanya.

Itulah tips yang dapat saya bagi, alhamdulillah sejauh ini sudah saya terapkan dirumah dan membuat istri dan anak-anak saya sejauh ini betah berada dirumah.

Selain melakukan itu semua, dengan aktivitas saya menulis artikel di kompasiana ini membuat saya memiliki kegiatan tambahan dirumah, selain untuk mengasah kemampuan saya dalam menulis.

Selain itu, kewajiban saya sebagai tenaga pengajar pun tetap saya lakukan dengan mengajar secara daring menggunakan aplikasi google classroom.

Semoga tips ini bermanfaat, tetap dirumah saja, jaga jarak aman interaksi jika harus keluar rumah, gunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun.

Salam hangat, salam semangat dan salam sehat selalu.

Rori Idrus
KBC-57 Brebes Jawa Tengah.

VIDEO PILIHAN