Mohon tunggu...
Ropiyadi ALBA
Ropiyadi ALBA Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok-Jawa Barat dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan MIPA Universitas Indra Prasta Jakarta

Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat, membaca dan menulis untuk pengembangan potensi diri dan kebaikan ummat manusia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Selamat, Anda Lulus Seleksi SBMPTN 2021!

18 Juni 2021   20:33 Diperbarui: 18 Juni 2021   21:01 127 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat, Anda Lulus Seleksi SBMPTN 2021!
Sumber gambar: minews.id

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), secara resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Republik Indonesia pada tanggal 4 Januari 2019. Keberadaan lembaga ini bersifat permanen yang memiliki tugas untuk melaksanakan tes terstandar secara nasional dan berkelanjutan.

Sejak keberadaan lembaga ini, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dikembangkan menjadi dua pola yaitu pola penerimaan melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa yang disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan pola seleksi melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer yang disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, Perguruan Tinggi Negeri dapat melakukan seleksi mandiri dengan menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota tiap sekolah dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN berbeda-beda, tergantung nilai akreditasi sekolah yang bersangkutan. Jika nilai akreditasinya A, maka kuota siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah 40 % dari total siswa tiap jurusan pada kelas XII.

Salah satu contoh sekolah yang sudah cukup berpengalaman di dunia pendidikan adalah SMA Putra Bangsa Depok. Sekolah yang berada di jantung Kota Depok ini, yang berdiri sejak tahun 1990 telah memiliki nilai akreditasi A selama tiga periode, yaitu sejak tahun 2007-2012, 2012-2017, dan 2017-2022.

Untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 jumlah siswa kelas XII  SMA Putra Bangsa Depok sebanyak 137 orang, terdiri dari 80 siswa kelas MIPA dan 57 siswa kelas IPS. Dengan berbekal nilai Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Provinsi Jawa Barat, maka kuota penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dari SMA Putra Bangsa sebanyak 32 orang untuk MIPA dan 23 orang untuk IPS.

Melalui website resmi LTMPT ltmpt.ac.id, pada tanggal 22 Maret 2021 telah diumumkan para siswa peserta SNMPTN yang dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang mereka pilih. 

Dari sejumlah pendaftar yang berasal dari SMA Putra Bangsa, alhamdulillah ada beberapa siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN. Mereka adalah siswa terbaik di tiap kelas atau jurusannya, yang kebetulan juga memiliki nasib yang beruntung, sehingga dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama seperti: IPB, UPI, dan PNJ.

dok.pribadi
dok.pribadi
Bagi para siswa peserta SNMPTN yang dinyatakan tidak lulus seleksi, mereka memiliki kesempatan untuk mengikuti SBMPTN dengan terlebih dahulu melakukan registrasi dan pembayaran sebeasar Rp 200.000 untuk kelompok ujian saintek atau soshum, dan Rp 300.000 untuk keompok ujian campuran.

Semangat para siswa yang belum diterima di PTN, masih terus berkobar. Mereka mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan secara bertahap dan dilaksanakan di kampus-kampus terdekat dengan tempat tinggal mereka. Hal ini tentunya dilakukan demi mengurangi laju penyebaran virus corona yang masih mewabah di tahun 2021 ini.

Setelah rangkaian kegiatan UTBK berakhir, maka waktu yang dinantikan dan membuat berdebar para peserta SBMPTN pun tiba. Sore itu, tepatnya Senin, 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB diumumkan secara online melalui ltmpt.ac.id hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN.

Kembali kabar gembira meliputi segenap civitas akademika SMA Putra Bangsa Depok, karena ada sejumlah siswa yang dinyatakan lulus dalam seleksi UTBK-SBMPTN tahun 2021. Ada 12 orang siswa yang dinyatakan diterima di PTN melalui jalur UTBK-SBMPTN. Mereka tersebar di Provinsi Sumatra Barat, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN