Mohon tunggu...
Ropiyadi ALBA
Ropiyadi ALBA Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok-Jawa Barat dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan MIPA Universitas Indra Prasta Jakarta

Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat, membaca dan menulis untuk pengembangan potensi diri dan kebaikan ummat manusia.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Pentingnya Membuat Agenda Harian

24 April 2021   22:36 Diperbarui: 6 Mei 2021   12:51 103 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Membuat Agenda Harian
Sumber gambar:Panjimas.com

Allah SWT memberikan kita waktu sehari semalam adalah sama yaitu 24 jam. Namun, sebagian dari kita ada yang memiliki banyak aktifitas yang ingin dilakukan, tetapi merasa kurang memiliki banyak waktu. Atau sebaliknya, bingung bagaimana caranya menghabiskan waktu karena merasa tidak punya hal penting yang harus dikerjakan.

Berbicara mengenai pentingnya waktu, sampai-sampai Allah SWT bersumpah: "Demi Waktu, Sungguh manusia berada dalam kerugian. Kecuali Orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran". (Q.S 103:1-3)

Untuk itu, membuat jadwal harian dirasa penting agar kita tidak merasa bingung dalam mengelola waktu yang ada. Jadwal atau agenda harian memuat rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang terperinci untuk setiap harinya. Banyak manfaat yang dapat kita petik dari membuat agenda harian, di antaranya :

1. Membantu manajemen waktu

Jika kita merasa tidak pernah memiliki waktu yang cukup untuk melakukan sesuatu, itu mungkin karena kita tidak menjadwalkan waktu secara efektif. Ini terjadi ketika kita hanya terjebak pada rutinitas terus-menerus, berpindah dari satu hal ke hal berikutnya, tanpa benar-benar memikirkan segalanya secara keseluruhan.

Membuat jadwal memungkinkan kita untuk merencanakan kegiatan setiap acara, janji temu dan tugas, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan tanpa takut kehabisan waktu.

Tetapkan tanggal jatuh tempo dan tenggat waktu untuk segala sesuatu agar kita tetap berada di jalurnya dan punya waktu tambahan tersisa untuk diri sendiri dan keluarga.

2. Meningkatkan produktivitas

Membuat jadwal agenda harian bisa membantu kita untuk mengetahui waktu kosong dan bisa mengisinya dengan setiap tugas yang perlu kita selesaikan. Ini penting untuk kehidupan pribadi maupun organisasi. Banyak orang berpikir tentang produktivitas terkait dengan pekerjaan dan profesi mereka, walaupun sebenarnya kita juga bisa menjadi produktif saat di rumah dan di mana saja. Pekerjaan membersihkan dan mengatur rumah, atau mengerjakan proyek yang tertunda juga adalah aktivitas yang produktif. Ini akan mendorong kita untuk beralih pada jadwal berikutnya secara efektif dan efisien.

3. Membantu menghilangkan stres

Stres kerap melanda setiap manusia, tak peduli miskin ataupun kaya. Stres memiliki banyak bentuk. Bisa disebabkan oleh persaingan hidup yang semakin ketat, kemajuan jaman yang semakin pesat, kebutuhan yang semakin meningkat, termasuk tidak memiliki pekerjaan atau sebaliknya karena terlalu sibuk bekerja dan banyak tuntutan. Stres dapat di hindari atau diminimalisir manakala kita benar-benar memiliki waktu untuk segalanya dan dapat dengan mulus berpindah dari satu tanggung jawab ke tanggung berikutnya tanpa harus khawatir kehilangan sesuatu, terlambat, atau harus mundur dan keluar pada menit terakhir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x