Mohon tunggu...
Ropiyadi ALBA
Ropiyadi ALBA Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok-Jawa Barat dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan MIPA Universitas Indra Prasta Jakarta

Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat, membaca dan menulis untuk pengembangan potensi diri dan kebaikan ummat manusia.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kuota 10 GB Rp 10 dari Telkomsel, Hoaks atau Fakta?

24 Agustus 2020   22:26 Diperbarui: 25 Agustus 2020   05:12 113 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuota 10 GB Rp 10 dari Telkomsel, Hoaks atau Fakta?
Sumber gambar:Kompas.com

Saat ini tengah beredar pesan berantai via WhatsApp terkait kuota 10 GB dari Telkomsel. Dalam pesan tersebut dikatakan bahwa Telkomsel menyediakan paket kuota murah meriah untuk membantu anak belajar di rumah.

Bunyi pesan tersebut, kurang lebih: "Aktifkan Kuota Belajar 10 GB cuma Rp 10 untuk menikmati akses layanan ilmupedia dan confrence, seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom, KETIK *363*844". 

Apakah isi pesan ini hoaks atau fakta? Telkomsel faktanya memang benar-benar menawarkan paket Kuota Belajar 10 GB seharga Rp 10 yang merupakan gabungan dua paket, yaitu Paket Ilmupedia dan Conference. 

Program paket Kuota Belajar 10 GB Rp 10 dari Telkomsel ini mulai berlaku sejak tanggal 21 Agustus sd 31 Desember 2020.

Namun perlu diingat, bahwa kuota 10 GB Rp 10 itu hanya khusus untuk akses aplikasi-aplikasi belajar di atas, tidak bisa dipakai untuk mengakses aplikasi selain itu, seperti media sosial (WhatsApp, Instagram, dll) atau YouTube. 

Di samping itu pula, untuk mendapatkan paket Kuota Belajar ini tidak bisa apabila hand phone tidak memiliki pulsa. Minimal pulsa yang dimiliki pelanggan sebesar Rp 10. Apabila saldo pulsa pelanggan nol, maka yang bersangkutan harus membeli pulsa terlebih dahulu.

Sebagai contoh, apabila kita mengisi pulsa sebesar Rp 25.000, setelah kita membeli paket Kuota Belajar sebesar Rp 10, maka sisa pulsa kita menjadi Rp 24.990. 

Kalau Sisa pulsa ini kita biarkan saja, kemudian kita membuka media sosial (WhatsApp, Instagram, dll) ataupun YouTube, maka hanya dalam hitungan menit sisa pulsa tersebut akan tersedot dan segera habis. Sebagai antisipasinya, maka sisa pulsa tersebut segera kita paketkan internet agar cukup untuk digunakan membuka WhatsApp maupun YouTube.

Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa, penggunaan Kuota Belajar 10 GB ini hanya berlaku melalui paket Aplikasi ilmupedia dan confrence seperti yang disebutkan di atas, jadi kalau kita membukanya melalui search engine (Google/google chrom, Opera mini, Mozilla, dll) maka akan menyedot kuota normal, kalau kuota normalnya tidak ada/habis maka aplikasi belajar tidak bisa dibuka.

Kesimpulannya, berita terkait Kuota Belajar 10 GB Rp 10 dari Telkomsel adalah fakta. Namun, sebagai konsumen kita harus cerdas dalam menyikapinya. Tidak ada perusahaan manapun yang mau rugi, semuanya ingin mengejar keuntungan. Secara umum harga kuota 10 GB kisaran Rp 25.000- Rp 50.000, sehingga kalo ada yang jauh di bawah harga ini, maka ada sebuah tanda tanya besar.

Pengalaman beberapa testimoni yang beredar, banyak konsumen yang membeli paket Kuota Belajar Rp 10 demi mendapatkan 10 GB Kuota Belajar, namun faktanya mereka menghabiskan tidak kurang Rp 25.000 per bulan. Katakanlah misalnya, sisa pulsa mereka masih Rp 24.990, namun bulan depan harus membeli lagi karena masa aktif pulsa sudah habis. 

Kalau kita mau teliti kembali, sebenarnya berapa besar rata-rata penggunaan kuota untuk confrence (zoom meeting/google meet) dan Google Classrom?, apakah sampai 10 GB?. Sementara kalau menggunakan e-learning sekolah sepertinya menggunakan kuota internet secara umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN