Mohon tunggu...
Ronald Wan
Ronald Wan Mohon Tunggu... Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Love to Read | Try to Write | Twitter: @ronaldwan88 | Diarysaham.com | email: ronaldwan@diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Teknologi Apa yang Digunakan di Markas Besar Alibaba?

16 September 2019   05:30 Diperbarui: 16 September 2019   13:25 0 38 14 Mohon Tunggu...
Teknologi Apa yang Digunakan di Markas Besar Alibaba?
Markas Besar Alibaba (Reuters.com)

Baru-baru ini Jack Ma efektif mengundurkan diri dari Alibaba. Sebuah perusahaan berbasis internet dan teknologi yang dimulai dari apartemen, dimulai dari e dagang dan sekarang ini sudah berkembang ke banyak usaha lain. Teknologi apa yang digunakan di markas besar Alibaba?

Alibaba memang memulai usaha di bidang e dagang namun sekarang ini banyak sekali usaha lain yang juga tidak kalah sukses. Alipay, sebuah usaha dompet digital, komputasi awan, bahkan sampai ada Alibaba Movies.

Baca: Dari mana Alibaba memperoleh pendapatan?

Untuk bisa mendapat kesempatan berkunjung ke markas besar Alibaba tentunya akan sangat menyenangkan. Namun sayangnya saya belum beruntung memperoleh kesempatan itu. Tim CNBC beruntung memperoleh undangan untuk mengunjungi markas besar Alibaba.

Markas besar Alibaba terletak di kota Hangzhou, China. Kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Itulah sebabnya Jack Ma mempromosikan kota ini di Asian Games 2018, Jakarta. Dari Shanghai, Hangzhou bisa dicapai dalam waktu satu jam menggunakan kereta.

Sekitar 22 ribu karyawan Alibaba berkantor di kota ini atau 22 persen dari sekitar 100 ribu karyawan Alibaba di seluruh dunia.

Sebagai perusahaan teknologi tentu saja markas besar Alibaba pasti juga menggunakan teknologi canggih yang dikembangkan olehnya, apa saja contohnya?

Akses dengan Facial Recognition
Pengalaman pribadi saat bekerja, teknologi paling canggih yang digunakan untuk akses masuk kantor adalah sidik jari dan kartu RFID. Alibaba menggunakan teknologi Facial Recognition (pengenalan wajah) yang lebih canggih.

Walaupun akses ini hanya salah satu pilihan, tetapi pengamatan tim CNBC menyimpulkan banyak sekali orang yang menggunakan opsi ini. Tanpa berhenti mereka keluar masuk kantor Alibaba.

Hal ini sejalan dengan pengembangan Alipay yang sedang mencoba teknologi facial recognition untuk melakukan otorisasi pembayaran.

Akses seperti ini sebenarnya bisa juga dikembangkan untuk pembayaran tol tanpa berhenti. Tentu saja bukan pengenalan wajah, namun mencatat plat nomor  kendaraan. Karena dengan kamera tilang elektronik, sudah bisa dibaca plat nomor kendaraan, tinggal dikaitkan dengan akun pembayaran yang ingin digunakan pemilik kendaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x