Ronald Wan
Ronald Wan Trader and Freelancer

@Pseudonym | Love to Read | Try to Write | Twitter @ronaldwan88 | Diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Resto Tanpa Ruang Makan, Bisa!

20 Agustus 2017   08:36 Diperbarui: 20 Agustus 2017   09:21 2370 15 9
Resto Tanpa Ruang Makan, Bisa!
Kepiting Nyinyir (http://business.google.com/website/kepiting-nyinyir/)

Dalam acara Kompasiana Nangkring Bersama LPS, saya berkesempatan untuk mengenal Kepiting Nyinyir. Rachman Abdul Rachim owner "Kepiting Nyinyir" menjelaskan suatu konsep yang saya bilang sangat menarik dan merupakan model bisnis yang baru.

Kepiting Nyinyir adalah sebuah resto yang didirikan pada bulan Oktober 2016 ini hanya membutuhkan uang Rp 3 juta untuk modal awal. Sekarang ini sudah omzetnya sudah mencapai sekitar Rp 200 juta per bulan. Luar biasa!

Mengapa Kepiting Nyinyir hanya membutuhkan modal awal sebesar Rp 3juta. Mereka memilih untuk membuat suatu konsep yang menurut saya Out Of The Box. Membuat resto tanpa ruang untuk makan alias hanya dapur saja. Go Food menjadi pilihan sebagai sarana untuk menjual makanan.

Jika kita ingin mendirikan sebuah resto, modal yang terbesar adalah menyewa tempat. Tempat harus strategis yang biasanya cukup mahal biaya sewanya. Ditambah lagi dengan biaya untuk dekor ruangan Peralatan dapur yang kalau tempat masak terbuka berarti harus memakai alat yang industrial grade sehingga butuh biaya yang lebih mahal.

Setelah dibuka, maka butuh pelayan yang akan melayani pelanggan yang makan di tempat. Belum lagi ditambah biaya listrik yang cukup tinggi jika kita memutuskan untuk menggunakan ac. Masih banyak lagi biaya dan kepusingan yang harus kita tanggung.

Tanpa ruang makan,  kita bisa menyewa sebuah kontrakan satu pintu di suatu gang sempit (seperti yang dilakukan Kepiting Nyinyir) dengan biaya mungkin hanya sekitar Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1juta. Peralatan dapur, kalau perlu diambil dari rumah (awas jangan sampai digebuk sama emak hehehe). Sehingga modal awal bisa sangat rendah hanya Rp. 3 juta untuk Kepiting Nyinyir.

Kunci suksesnya adalah rasa makanan dan marketing. Kepiting Nyinyir mengundang teman-teman mereka yang aktif di sosial media untuk peluncuran resto mereka. Setelah itu teman-teman ini yang mempromosikan ke teman-teman mereka.

Jika kita tidak memiliki teman-teman seperti itu bagaimana? Bisa menggunakan Facebook ads yang biayanya cukup murah atau dengan menggunakan jaringan pertemanan yang walaupun tidak terlalu populer bisa membantu dengan promosi dari mulut ke mulut. Jika ingin lebih, bisa menggunakan jasa digital agency yang memang biayanya cukup mahal.

Syarat sukses yang paling utama  adalah rasa yang mantap dan sedap. Walaupun kita berhasil mempromosikan resto jika rasa tidak enak, pelanggan tidak akan membeli kembali. Jika enak dan apalagi unik mungkin saja pelanggan akan merekomendasikan resto kita ke orang lain.

Dalam menjalankan resto tanpa ruang makan tentu saja kita akan membutuhkan jasa bank. Bagaimana orang akan beli jika tidak menggunakan jasa bank?

Apakah taruh uang di bank, aman? Sangat aman, uang kita akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).  LPS adalah sebuah lembaga penjaminan yang berdiri pada tanggal 22 September 2015. Berfungsi untuk menjamin semua dana masyarakat yang disimpan di bank, baik bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.

Pendirian LPS adalah salah satu hasil pembelajaran dari krisis ekonomi 1998 yang dimana banyak sekali bank yang kolaps, sehingga nasabah juga banyak yang mengalami kerugian. Hal ini menyebabkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank turun. Sehingga akhirnya diputuskan untuk mendirikan LPS dengan fungsi menjamin simpanan nasabah dan turut aktif dalam memelihara stabilitas perbankan.

warung-3-5998e6c8d59a264c095aada2.png
warung-3-5998e6c8d59a264c095aada2.png
Dana yang dijamin oleh LPS adalah dana yang bernilai maksimal Rp 2 Milyar per nasabah per bank. Artinya jika kita memiliki dana sebesar Rp. 10 Milyar dan ditaruh ke lima bank dengan nilai masing-masing Rp 2 MIlyar maka semua dana tersebut akan dijamin oleh LPS.

Selain nilai maksimal ada juga syarat lainnya yaitu 3 T :

3 T (materi LPS)
3 T (materi LPS)

  • Dalam T yang pertama, harus dipastikan setiap kali kita menerima transfer atau menyetor uang tunai ataupun melakukan pembayaran dan semua transaksi bank lainnya. Semuanya tercatat dalam catatan aktifitas rekening kita. Jika tidak tercatat maka tidak akan dibayar oleh LPS.
  • T kedua, kita harus memastikan jangan sampai nilai bunga yang kita peroleh lebih besar dari tingkat bunga penjaminan. Tingkat bunga ini akan disesuaikan secara berkala oleh LPS dan bank diwajibkan untuk melakukan publikasi di kantor bank yang bersangkutan (biasanya dibawah pengumuman nilai suku bunga bank). Serta bisa dilihat di siaran pers yang diterbitkan oleh LPS setiap bulannya.

Materi LPS
Materi LPS

  • T yang ketiga berhubungan dengan kredit yang kita ambil. Tidak boleh macet pembayarannya. Jika macet maka simpanan kita akan dianggap tidak layak bayar.

Kepiting Nyinyir sebuah inspirasi Resto Tanpa Ruang Makan.

Salam

Hanya Sekadar berbagi