"Anak- anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu sesuai alam dan zamannya."
Ki Hajar Dewantara
Sekolah sebagai rumah kedua yang menyenangkan dan nyaman serta bermakna  bagi peserta didik adalah keinginan dan harapan  kita bersama baik sebagai pendidik maupun orang tua.
Lingkungan belajar yang berpihak pada murid sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan peserta didik untuk  mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan serta mencapai kebahagiaan  yang setinggi-tingginya pada  masa depannya  merupakan visi guru penggerak. Tentunya ini tidak bisa dilakukan secara sendiri sendiri namun membutuhkan  kolaborasi dari berbagai pihak yang mendukung , proses yang panjang, dan diupayakan secara konsisten.Â
Menganalisa dan menghubung maksud KI Hajar Dewantara atas kodrat alam dan kodrat zaman yaitu ' Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu" dengan penumbuhan murid merdeka berkarakter profil pembelajar Pancasila.
Pendidikan guru penggerak dengan sistem coaching and on the job training menuntut CGP bisa menerapkan apa yang didapat dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran  yang menyenangkan,  menjalankan peran dan nilai-nilai guru penggerak  serta  dapat merumuskan visinya mengenai sekolah yang menumbuhkan murid merdeka melalui peta visi guru penggerak.
Adapun peran guru penggerak adalah: