Mohon tunggu...
Rokhmat EdiSaputro
Rokhmat EdiSaputro Mohon Tunggu... Guru - Rokhmat Edi Saputro

Nama : Rokhmat Edi Saputro, S.Pd Pekerjaan : Guru TTL : Purbalingga, 06 Juni 1991

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3

6 November 2022   05:44 Diperbarui: 6 November 2022   06:56 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Dwi mingguan ini sudah tayang di Kompasiana dengan judul "Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3" dan dapat dibaca pada link berikut ini :

Pada kesempatan kali ini saya akan mengerjakan ugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.3. dimana pada modul 1.3 kita sudah mempelajari tentang cagaimana cara membuat Visi bagi Guru penggerak, yang nantinya akan diaplikasikan ke dalam aksi nyata dan dapat diimplementasikan di sekolah.

Pada Modul ini kita diajarkan juga cara merancang VISI dengan pendekatan Inquiri Apresiatif (IA) dengan menggunakan tahapan  BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Dengan tahapan yang sudah di buat diharapkan akan lebih mudah dalam menjalankan Visi tersebut.

Dari meteri yang sudah di dapat, calon guru penggerak mendapat tugas untuk membuat jurnal refleksi dwi mingguan. Dalam mengerjakan Jurnal Refleksi kali ini saya mengerjakan dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut:

Facts (Peristiwa)

Moment yang paling berkesan selama mempelajari modul 1.3 adalah ketika berada dalam ruang kolaborasi, dimana kita berkolaborasi untuk membuat VISI 1 kelompok. Visi yang dibuat harus mencerminkan profil pelajar Pancasila dan dapat diterapkan dalam sekolah. Dalam moment itu kita diberikan waktu sekitar 45 menit dan praktis saja waktu 45 manit itu sangat singkat. Untuk membuat visi merupakan hal yang asing bagi saya, karena biasanya saya tidak begitu pedli dengan visi, maksudnya ketika di sekolah sudah ada ya sudah dan hanya dianggap tulisan saja. Tetapi setalah mempelajari modul 1.3 ini saya sadar betapa berharganya sebuah Visi. Dalam ruang kolaborasi ini saya sangat menikmatinya, banyak ide -- ide dari teman CGP yang sebelumnya belum terpikirkan, tetapi dengan kita saling berkolaborasi akhirnya muncul ide -- ide baru.

Feeling (Perasaan)

Pada saat melakukan kegiatan dalam ruang kolaborasi modul 1.3 tentang Visi Guru penggerak ini saya merasa sangat luar biasa. Tentu saja, karena sebelum kegiatan ruang kolaborasi saya belum paham samasekali tentang BAGJA pada model Inquiry Apresiatif. Tetapi dalam ruang kolaborasi teman -- teman CGP saling bertukar ide sehingga dari kegiatan ini saya menjadi paham apa itu BAGJA.

Findings (Pembelajaran)

Dalam modul 1.3 tentang Visi Guru penggerak ini banyak sekali pelajaran yang bisa saya pelajari. Saya menjadi paham seberapa pentingnya Visi, mengerti apa itu Kalimat Prakarsa Perubahan, dan memahami cara merancang visi dengan pendekatan Inquiry Apresiatif dengan model BAGJA. Dalam modul ini kita disuruh bermimpi tentang apa yang ingin kita capai bersama murid dan sekolah dan bagaimana kita mencapainya. Semua dapat ditunagkan dalam Kanvas BAGJA. Adapun Visi yang saya angkat adalah "Terwujudnya Siswa yang Kompeten, Siap Kerja dan Berkarakter Pancasila"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun