daring di dalam masyarakat.
Perkembangan e-commerce di Indonesia yang awalnya bisa dikatakan naik-turun, kini sudah semakin stabil dan terus meroket seiring dengan semakin membuminya budayaJika dulu sebagai perintis lippo shop pernah mencoba babat alas dan kemudian gagal, maka kegagalan tersebut akhirnya mampu dipatahkan oleh generasi e-commerce selanjutnya. Masyarakat mulai menerima eksistensi Toko Bagus yang akhirnya menjadi OLX, kemudian buka lapak, blibli dan shopee dan banyak lagi lainnya.
Berkat militansi pengembangan jejaring sera promosi yang dilakukan, akhir-kahir ini Shopee berhasil menjadi platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Karena itu, berkaitan dengan rencana perayakan ulang tahun mereka yang ke-5 pada bulan Desember 2020 besok, Shopee berniat meluncurkan festival terbesar akhir tahun bertajuk Shopee 12.12 Birthday Sale.
Tak terasa sudah hampir 5 tahun berlalu, Shopee hadir dan melayani warga masyarakat Indonesia. Berbekal upaya untuk selalu membuat berbagai inovasi dan inisiatif sebagai upaya menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman, aman dan menyenangkan bagi konsumennya, pengguna Shopee semakin berkembang pesat.
Tak terkecuali pada tahun 2020 sekarang, Shopee terus mempertahankan komitmen untuk selalu hadir dan menjadi solusi yang dapat membantu masyarakat. Terutama berkenaan dengan  terjadinya pandemi Covid-19. Shopee berupaya untuk terus menemani penggunanya dan menjadi perpanjangan tangan baik itu dari segi pemenuhan kebutuhan, menjadi wadah untuk berkembang bagi mitra penjual dan brand, fasilitas pembayaran dan perbankan, penyedia jasa logistik dan banyak sektor lainnya.
"Kami sangat bangga dengan perjalanan yang luar biasa sepanjang tahun 2020 melewati berbagai rintangan untuk menghadirkan platform e-commerce yang dapat diandalkan masyarakat. Di awal tahun ini, sejak terjadinya peristiwa pandemi tentu mengubah cara hidup banyak orang. Perubahan pola perilaku di tengah situasi baru pada masyarakat juga membawa Shopee untuk beradaptasi dalam memahami keadaan tersebut. Perjuangan dan pencapaian Shopee selama setahun terakhir juga merupakan wujud dukungan tiada henti dari para pengguna setia Shopee di seluruh Indonesia. Untuk itu, kami ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian dari perjalanan ini dan menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce andalan masyarakat," begitu dikatakan Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.
Tak terasa, e-commerce yang diluncurkan di 7 pasar Asia Tenggara dan Taiwan pada tahun 2015 ini sekarang makin tumbuh meraksasa dan berjaya.
Shopee berhasil menawarkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik yang dinikmati oleh jutaan orang setiap hari, melalui berbagai macam penjualan produk, yang didukung dengan pembayaran dan logistik terintegrasi, serta fitur hiburan populer yang disesuaikan untuk setiap pasar.
Shopee juga berhasil menjadi kontributor utama ekonomi digital di kawasan ini dengan komitmen kuat untuk membantu merek dan wirausahawan sukses dalam e-commerce.
Apalagi Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE:SE), yaitu sebuah perusahaan internet konsumen global terkemuka. Selain Shopee, bisnis inti Sea lainnya juga mencakup cabang hiburan digital seperti Garena, dan cabang layanan keuangan digital, SeaMoney. Sebagai tambahan informasi, memang salah satu misi Sea adalah berupaya untuk meningkatkan kehidupan konsumen dan bisnis kecil dengan teknologi.
Bagaimana menurut Anda? Apakah jejak perkembangan Shopee di Indonesia selama ini terutama di tahun 2020 mampung menunjukkan keberhasilan misi tersebut? Tabik.