Mohon tunggu...
R Sugiarti
R Sugiarti Mohon Tunggu... Freelancer - writerpreneure

writerpreneure, freelance writer, communications consultant, yogini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Lucunya Ujian Kenaikan Kelas Daring Pertama dari Rumah

8 Juni 2020   13:23 Diperbarui: 11 Juni 2020   09:59 897 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lucunya Ujian Kenaikan Kelas Daring Pertama dari Rumah
Sumber Foto: Dokpri/ISTSiswa Sekolah Dasar tengah serius mengerjakan soal PAT secara online - Sumber Foto: Dokpri/IST

Minggu ini anak sekolah dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai melaksanakan Ujian Kenaikamn Kelas (UKK) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT). Karena ketentuan untuk tetap belajar dari rumah (School from Home) belum diubah untuk kembali belajar di sekolah, maka UKK atau PAT kali ini harus dilakukan dari rumah saja secara online.

Ternyata pelaksanaan ujian online bagi beberapa daerah khususnya yang masih memberlakukan kebijakan SFH berlangsung kocak dan menyenangkan untuk dikenang sekaligus dijadikan pengalaman berharga di hari-hari ke depan nanti.

Lihat Juga: Demi Belajar Online, Belasan Siswa Pinjam Ponsel Guru

Berikut pengalaman lucu, seru dan mengesankan tersebut:

Pertama, persiapan dan kekawatiran para guru dan orangtua cukup ribet dan berlebihan. Satu-dua hari sebelum tiba, UKK atau PAT kali ini, nampak kekhawatiran guru dan orangtua cukup besar dan membuat gusar.

Setiap hari guru kelas memberikan arahan mengenai apa saja yang harus dilakukan para siswa pada saat pelaksanaan PAT nanti. Mulai dari jangan sampai salah isi absen online, jangan sampai terlambat bangun pagi dan mulai mengerjakan ujian, mengenai deadline atau tenggat waktu yang tak boleh terlewati. Dan kewajiban bagi para siswa untuk mengenakan seragam sekolah di saat jadwal pelaksanaan PAT tersebut.

Kewajiban untuk mengenakan seragam sekolah meskipun para siswa mengerjakan ujian online di rumah ini cukup menggelitik.

Pasalnya melihat anak-anak mengenakan seragam sekolah lengkap tetapi tidak pergi kemana-mana menjadi cukup lucu. Mereka tetap di rumah saja dan mengerjakan ujian seperti halnya saat mengerjakan tugas harian yang beberapa waktu ini telah mereka kerjakan dalam SFH kemarin.

Meskipun para siswa terkesan agak ogah-ogahan dan merasa kurang nyaman untuk mengenakan seragam sekolah, namun para orangtua harus memaksa mereka untuk mengenakannya.

Sebab, mereka memiliki kewajiban untuk mengirimkan foto anak-anak yang tengah mengerjakan soal-soal PAT dengan mengenakan seragam sekolah ke guru-guru wali kelas mereka.

Konon foto-foto tersebut nantinya akan disusun untuk laporan yang harus diserahkan oleh para guru atau pihak sekolah kepada Dinas Pendidikan Kecamatan sebagai bukti telah dilangsungkannya UKK atau PAT secara online oleh semua siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN