Mohon tunggu...
Rofinus D Kaleka
Rofinus D Kaleka Mohon Tunggu... Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Orang Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Dasar Tidak Boleh Salah, Bupati Nelis Rajin Sidak SD di SBD

12 Desember 2019   21:21 Diperbarui: 12 Desember 2019   21:18 172 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Dasar Tidak Boleh Salah, Bupati Nelis Rajin Sidak SD di SBD
Foto rofinus dk

Dokter Kornelius Kodi Mete, yang saat ini menjabat Bupati Sumba Barat Daya, rajin melakukan sidak terhadap sekolah-sekolah dasar di wilayah administratif pemerintahannya.

Nelis, demikian sapaan akrab mantan Wakil Bupati Sumba Barat ini, melakukan sidak bukan hanya karena tuntutan jabatan yang diembannya. Apalagi sekadar ia mencari popularitas belaka.

Ia melakukan sidak karena perhatiannya yang sangat serius terhadap pendidikan dasar. Baginya, pendidikan dasar tidak boleh salah. "Kalau pendidikan dasar sudah salah maka selanjutnya di SMP dan SMA atau SMK akan salah juga," tuturnya.

Foto rofinus dk
Foto rofinus dk
Apa saja yang disidak Bupati Nelis di sekolah-sekolah dasar? Pertama, memastikan guru dan murid disiplin waktu masuk dan keluar sekolah.

Kedua, memastikan KBM (Kelompok Belajar dan Mengajar) berjalan dengan baik dan benar. 

Ketiga, memastikan murid-murid bisa baca, tulis dan berhitung. Terkait hal ini Bupati Nelis tidak segan-segan masuk ruang kelas untuk menguji murid-murid.

Keempat, memastikan rasio jumlah guru dan murid. 

Dan kelima, memastikan kondisi kesehatan lingkungan sekolah.

Mudah-mudahan sidak yang dilakukan Bupati Nelis ini bisa ditindaklanjuti juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas Sekolah, Camat dan Kepala Desa setempat, sehingga berdampak positif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Sumba Barat Daya.

VIDEO PILIHAN