Mohon tunggu...
Choirul Huda
Choirul Huda Mohon Tunggu... Kompasianer sejak 2010

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Rahasia Federal Oil Puaskan Konsumen di Indonesia

11 September 2015   03:51 Diperbarui: 11 September 2015   03:51 427 1 1 Mohon Tunggu...

 

[caption caption="Pabrik PT Federal Karyatama"][/caption]

Lokasi pabrik PT Federal Karyatama di Pulogadung, Jakarta Timur

"KARENA Kompasiana, saya..." Demikian mata saya tertuju pada satu judul di berita admin. Kebetulan, kemarin sore, Kamis (10/9) saya sedang mencari informasi terkait penulisan Kompasiana Visit ke pabrik Federal Oil di Pulogadung. Tanpa sengaja, saya membaca judul yang membuat saya bernostalgia sejenak. 

Dalam hati saya bergumam, apa sih yang sudah saya dapat dari Kompasiana? Kalau mau jujur-jujuran, tentu saja banyak. Mulai dari belajar nulis, ngblog, dapat hadiah, hingga jalan-jalan. Ya, itu karena blog keroyokan ini kerap menyelenggarakan berbagai acara. Tentu, saya masih ingat, mulai dari Blogshop, Get Urbanized, Nangkring, Nobar, Seminar, test drive, dan Visit

Tentu, tidak semua acara atau undangan saya ikuti, karena terkait waktu kerja. Namun, jika senggang atau libur, sebisa mungkin saya menghadirinya. Ya, selain dapat ilmu, bisa bertemu dengan rekan Kompasianer, dan syukur-syukur dapat doorprize. Dalam periode itu, tak terhitung banyaknya saya mengikuti acara Kompasiana yang bekerja sama dengan produk atau perusahaan. Seperti kuliner, instansi pemerintah, pertambangan, jasa, perbankan, asuransi, sepeda motor, pabrik air minum kemasan, pabrik kendaraan, hingga yang teranyar pabrik oli. 

*       *       *

PAGI itu, Rabu (9/9) saya bersama rekan-rekan Kompasianer -julukan blogger Kompasiana- berkumpul di Bentara Budaya Jakarta. Tujuannya, untuk mengunjungi pabrik PT Federal Karyatama (Federal Oil) di Jalan Rawa Bali I, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Ini kali pertama saya mengunjungi pabrik oli meski sudah mengenal produknya sejak belasan tahun silam.

Sesampainya di pabrik, kami disambut antusias manajemen Federal Oil. Dalam kesempatan itu, mereka menjelaskan tentang seluk-beluk produknya. Tentu, ini yang saya tunggu-tunggu. Sebab, terus terang saja, saya memang awam mengenai dunia sepeda motor, termasuk oli. Biasanya, saya mengandalkan rekomendasi sepupu atau teman saat ganti oli. Dari mereka, saya mengenal oli Federal Ultratech Matic.

Maka, saya tak melewatkan kesempatan untuk bertanya-tanya ketika kami diajak keliling pabrik untuk menyaksikan langsung proses produksi. Wow... Ini satu pengalaman yang membuka mata saya. Sebab, dengan melihat langsung, saya jadi mengerti mengenai oli dan jenisnya yang cocok dipakai untuk sepeda motor. Khususnya, saya pribadi yang mengendarai sepeda motor jenis matic.

"Kami senang dengan respons kalian -blogger Kompasiana- yang aktif bertanya," kata General Manager Marketing PT Federal Karyatama, Erika Dianasari Go, saat saya hampiri usai memberi sambutan di hadapan Kompasianer. "Untuk jenis, terdapat beberapa kategori, baik manual atau otomatis (matic). Sebentar lagi, mas -maksudnya saya- bisa melihat langsung proses produksi oli Federal di lantai bawah."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN