Choirul Huda
Choirul Huda wiraswasta

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

"Forever 27 Club" Legenda Musisi Rock Yang Tewas di Usia 27 Tahun

3 November 2011   01:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:07 4007 2 1

[caption id="attachment_139820" align="aligncenter" width="646" caption="5 Musisi Anggota "][/caption] Ketika memposting tulisan Memetik Pelajaran Dari Kematian 4 Tokoh Besar Tahun 2011, saat itu ada komentar masuk dari Bang Trihito Eribowo. Salah satu penggemar musik Rock sekaligus sepak bola mengatakan bahwa ada yang kurang dimasukkan dari 4 tokoh tersebut dari  bidang pemerintahan, tokoh garis keras, dunia teknologi hingga ke arena olah raga balap motor, yaitu dari dunia musik. Beliau pun mengusulkan nama Amy Winehouse, sebagai tokoh besar dari dunia musik yang meninggal di usia 27 tahun. Lalu ada komentar balasan dari kawan Kompasianer Novian Nover yang menanyakan kenapa "hampir semua musisi didunia ini meninggal di usia 27 tahun apakah ini disengaja atau memang kebetulan". Setelah membaca silang komentar dari mereka berdua, lantas saya seperti mengingat sesuatu yang telah lama terpendam, yaitu soal Rocker yang tewas di usia 27 tahun. Langsung saja saya mencari tahu beberapa musisi yang masuk "Forever 27 Club" itu via Google dan Bing. Ternyata sangat banyak blog dan forum yang memuat tentang beberapa musisi yang meninggal di usia 27 tahun. Namun karena hampir semua isinya sama, mungkin di copas dari sumber yang sama. Hingga menyebabkan keseragaman tulisan, yang membuat tidak menarik dan akurat untuk dijadikan referensi. Apalagi ada beberapa tulisan yang salah memuat tanggal lahir ataupun kematian dari beberapa musisi tersebut, hanya menuliskan meninggal di usia 27 tahun tok. Akhirnya saya menyusuri lapak Bang Trihito satu persatu, dan ketemu dengan postingan beliau saat bulan mei tahun lalu yang berjudul Forever 27. Sambil menambahkan dengan membongkar beberapa koleksi majalah Haiklip dan buku yang memuat tentang salah satu anggota dari Forever 27 Club. Ternyata ketemu, dan informasinya sangat akurat mulai dari tanggal lahir hingga kematian, hanya sayang sudah tidak aktual lagi karena terbitan edisi lama. Namun karena akurat dan sangat rinci, maka saya jadikan sebagai referensi dalam tulisan ini.

*     *     *

Ada banyak musisi luar negeri yang meninggal pada saat usia 27 tahun, namun yang terkenal hanya beberapa, diantaranya adalah 5 musisi dibawah ini: 1. Jimi Hendrix. Gitaris terhebat sepanjang masa, yang juga bermain kidal ini meninggal pada tanggal 18 September 1970, akibat over dosis heroin. Musisi yang terlahir dengan nama Johnny Allen Hendrix itu lahir di Seattle pada 27 November 1942 dan banyak melanglang buana untuk melakukan konser, terutama ke Inggris, dimana ia sangat dielu-elukan oleh penggemarnya. Beberapa lagunya yang sangat dikenal hingga sekarang adalah Hey Joe, Purple Haze, dan Wind Cries Mary. Membentuk band the Experience, yang penampilan di panggung sangat urakan sekaligus mempesona sehingga banyak musisi yang meniru gayanya bermain gitar. Dan juga menginspirasi beberapa gitaris hebat, seperti Kurt Cobain, Steve Vai, Paul Gilbert dan banyak lagi. Saya sampai kaget ketika melihat rekaman video lama dari Jimi Hendrix ketika beratraksi di panggung, yaitu membakar gitarnya sendiri. Namun sayangnya video tersebut kini entah raib dimana, karena di pinjam kawan. Dan ketika saya ingin mencarinya di Glodok, sudah tidak ada lagi yang menjualnya.

*     *     *

2. Janis Joplin Salah satu musisi wanita terbaik sepanjang masa, sangat populer pada era 60an. Bersanding dengan Marilyn Monroe dari figur aktris. Ia adalah penganut aliran rock Blues, yang saat itu sangat booming ketiaka generasi bunga (Flower Generation) merebak di kalangan anak muda. Namun kariernya terhenti saat ia ditemukan tergeletak tak sadarkan diri akibat over dosis heroin dan alkohol pada tanggal 4 Oktober 1970. Lahir pada 19 Januari 1943 dari keluarga yang berkecukupan, namun memilih untuk ke jalur musik daripada menuruti orang tuanya yang ingin menyaksikan ia menjadi sarjana ekonomi. Memang jalan hidupnya tidak salah, karena sudah tepat. Ia hanya perlu waktu singkat untuk menjadi seorang superstar, karena penampilan yang memikat serta suaranya yang agak serak melengking. Namun kesuksesan itu juga yang membuatnya harus mengakhiri hidup dengan cepat, ketiak suatu pagi ia ditemukan tewas dengan jarum suntik yang masih berada di lengan tanganya. Dan kenangan akan performa Janis Joplin, masih terekam ketika ia tampil di event Woodstock tahun 1969 bersama Jimi Hendrix. Suaranya yang aduhai menjadi pelipur lara untuk penggemarnya yang hingga kini masih setia.

*     *     *

3. Jim Morrison Terlahir dengan nama James Douglas Morrison oada 8 Desember 1943 di Florida, Amerika Serikat. Sangat terkenal saat ia menjadi vokalis The Doors yang melegenda hingga sekarang. Sudah banyak film yang memerankan tentang dirinya, salah satunya adalah Biopic yang disutradari oleh Oliver Stone dan diperankan oleh Val Killmer. Untuk generasi sekarang, khususnya di Indenesia mungkin ia kurang dikenal. Namun kalau melihat banyaknya tempelan dinding serta poster di kamar artis atau musisi lokal, pasti ngeh dengan foto telanjang badan dengan kalung dan rambut yang terurai, bahwa itu adalah Jim Morisson. Sayang ia tewas ketika diketemukan oleh sang pacar di bathtub, pada tanggal 3 Juli 1971. Banyak yang beranggapan ia tewas akibat over dosis, namun tidak sedikit pula yang meyakini bahwa ia menderita TBC akut. Apalagi setelah meninggal tidak pernah ada bukti hasil otopsi. Hingga berakhirlah perjalanan dari The Lizard King...

*     *     *

4. Kurt Cobain Di era 90an bahkan sampai sekarang, siapa yang tidak kenal dengan Kurt Cobain. Legenda musik Grunge, sebuah aliran rock alternatif yang banyak memadukan unsur Blues, Punk dan juga Metal ini sangat diidolai oleh penggemarnya di seluruh dunia. Lahir pada tanggal 20 Februari 1967 hingga diketemukan tewas oleh tukang pipa ledeng pada 4 April 1994. Dengan kepala hancur akibat bunuh diri menembakkan senapan ke mulutnya. Tidak terhitung banyaknya musisi yang terinspirasi oleh gaya bermain gitar dan olah vokalnya yang serak-serak basah. Mulai dari Silverchair, Arkarna, Creed, Robbie Williams, sementara dari tanah air ada Ariel Peterpan yang sangat mengidolainya. Bersama Krist Novoselic dan Dave Grohl, ia membentuk Nirvana yang kemudian menjadi sebuah band beraliran alternatif yang mendobrak kemapanan musik Glam Rock dan Hair Metal dari Bon Jovi serta berseberangan dengan Axl Rose dari Guns N' Roses. Album kedua mereka, Nevermind meledak di pasaran dan dinobatkan sebagai salah satu album terbaik sepanjang sejarah bersanding dengan Queen dan juga The Beatles. Namun ketenaran juga yang membuatnya merasa bosan akan kehidupan di dunia, hingga meskipun sudah mempunyai istri yang cantik dan anak yang lucu, Courtney Love serta Frances Bean, yang sekarang menginjak remaja. Tidak membuatnya bahagia, itu terangkum dalam suratnya menjelang bunuh diri. Perkataan yang paling populer darinya adalah "I Hate My Self, And I Want To Die...". Menyiratkan kehampaan hidup, sebagaimana layaknya seorang rocker yang tidak lepas dari hagemoni kemewahan, baik di atas panggung maupun dalam kehidupan sehari-hari, hingga ia pun menyerah pada keadaan itu. Saya sendiri sangat mengaguminya sejak masih berseragam putih biru, sampai mengoleksi segala hal yang berbau Kurt Cobain atau Nirvana. Mulai dari Sepatu Converse, Celana Jeans belel, poster, kacamata, topi kupluk, dan tidak ketinggalan majalah atau buku yang memuat tentang dirinya, yaitu Haiklip (sudah pasti, meskipun sekarang raib entah kemana), dan biografi tentangnya dalam edisi bahasa Indonesia. Bahkan saat zaman saya sekolah SMP maupun SMA kalau ada Pensi pasti menyanyikan lagu dari Kurt Cobain, seperti About A Girls yang mendayu-dayu, Lithium yang agak keras, hingga Smells Like Teen Spirit sebagai lagu pemuncak di acara pensi. Mendapat banyak applaus untuk bersaing dengan lagu baru (saat itu) dari Linkin Park dan Limp Bizkit serta Korn.

*     *     *

5. Amy Winehouse Meningggal karena over dosis, meskipun sempat dibantah oleh pihak keluarga. Namun karena gaya hidupnya yang glamor, dan sering keluar masuk klub malam. Sangat disayangkan, karena ia adalah salah satu musisi wanita bertalenta dari ranah britania, namun harus menjalani hidup yang singkat yaitu 27 tahun. Lahir pada tanggal 14 September 1983 dan meninggal saat ditemukan dirumahnya pada 23 Juli 2011 lalu, sempat menghebohkan jagad musik Inggris. Apalagi ia sedang naik daun karena sering memenangkan Brit Award, (semacam Grammy ala Inggris). Khusus untuk Amy Winehouse sendiri, saya kurang begitu paham tentangnya. Karena sudah lama tidak menyimak perkembangan musisi luar, namun karena saat kematiannya sempat menghebohkan hingga beberapa media massa di Indonesia banyak mempublikasikan tentangnya.

*     *     *

Dari lima musisi yang meninggal di usia 27 tahun, dapat disimpulkan bahwa sebagaian besar dari mereka tewas akibat mengkonsumsi narkoba yang berlebihan hingga membuatnya menjadi halusinasi yang akut. Juga karena frustasi tidak kuat menahan beban mental selama menjadi seorang rocker yang kemana saja selalu dielu-elukan oleh fans. Tidak seperti saat masih menjalani hidup menjadi band cafe, yang dikenal hanya di seputaran lingkungan cafe tersebut. Atau karena kutukan, seperti yang saya baca di sebuah artikel yang mengatakan adanya kutukan tentang seorang musisi yang akan sukses besar apabila sanggup melewati usia 27 tahun. Namun itu hanya mitos belaka, yang tidak dapat dijadikan rujukan. Karena kematian datangnya sudah pasti, tidak dapat ditawar lagi, baik itu dimajukan atau malah dimundurkan. Namun yang pasti semangat dari Rocker tersebut hingga kini masih terngiang dengan jelas, seperti dalam lagu Smells Like Teen Spirit yang ditulis oleh Kurt Cobain. Dan juga, seperti yang tersirat dalam kematian merekah bahwa Rocker juga hanyalah seorang manusia biasa...

[caption id="attachment_139811" align="aligncenter" width="614" caption="Sumber referensi untuk postingan ini: Haiklip, Biografi Kurt Cobain dan 25 musik pemberontak"][/caption]

*     *     *

[caption id="attachment_139812" align="aligncenter" width="614" caption="Berita Kematian Jimi Hendrix yang di internet sangat simpang siur"][/caption]

*     *     *

[caption id="attachment_139813" align="aligncenter" width="614" caption="Berita Kematian Jim Morisson dan Janis Joplin"][/caption]

*     *     *

[caption id="attachment_139814" align="aligncenter" width="614" caption="Kurt Cobain, legenda musik yang menginspirasi generasi tahun 9oan"][/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2