Mohon tunggu...
Rodia Faisah
Rodia Faisah Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer Freelancer

Just Happy Ever After

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kode OTP, Keunggulan dan Bahayanya

12 Agustus 2022   14:58 Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:22 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kode OTP adalah kode keamanan yang diterima pengguna saat masuk ke aplikasi keuangan, aplikasi obrolan, atau akun sistem tertentu. Dengan kata lain, kode OTP ini digunakan untuk melindungi akun pengguna, sehingga hanya pemilik kode yang dapat masuk ke sistem.

Kode OTP ini sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan dan peretasan data pengguna. Masih ada pengguna yang benar-benar tidak tahu apa itu kode OTP dan bagaimana hal itu dapat merugikan mereka. OTP murah bahkan diperjual belikan dimana-mana.

Kode OTP Anda itu bersifat rahasia. Jangan pernah bagikan kode OTP Anda dengan siapa pun selama verifikasi data. Bagaimanapun, setelah menyelesaikan proses verifikasi data di aplikasi, Anda akan menerima kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel atau alamat email Anda yang sebelumnya terdaftar dalam proses verifikasi data.

Umumnya, kode OTP dikirim untuk mengizinkan pengguna mengubah kata sandi, untuk mengotentikasi transaksi tertentu, atau untuk masuk ke sistem/aplikasi yang menyimpan data sensitif pengguna.

Jika kode OTP telah ada, hanya penggunalah yang memiliki wewenang penuh untuk dapat masuk ke dalam sistem. Karena kode OTP ini lah yang diberikan sistem untuk dapat membuat akun Anda telah berhasil diverifikasi.

Keuntungan dari kode OTP

Selain mencegah pencurian dan penyalahgunaan data, kode OTP juga memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Mudah digunakan

Kode OTP umumnya dikirim melalui SMS atau email, sehingga pengguna terbiasa dengan SMS dan email, sehingga jarang menghadapi masalah.

2. Menghindari masalah dengan kata sandi yang lemah

Penggunaan kode OTP merupakan bagian dari otentikasi dua faktor dan memerlukan otentikasi pengguna untuk mengakses akun digital atau suatu sistem tertentu. Kata sandi yang digunakan tidak terlalu kuat, tetapi saat menggunakan kode OTP dapat membantu menjaga keamanan akun milik Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan