Mohon tunggu...
Rochim
Rochim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance journalist.

Hobi naik gunung.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sinopsis Film Indonesia dari Timur, Kisah Nyata Sepak Bola Papua

15 Desember 2023   10:49 Diperbarui: 15 Desember 2023   10:53 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia dari Timur. (dok. Alenia Pictures via YouTube)

Di penghujung tahun ini, deretan film baru akan menyapa penonton Indonesia, dan salah satu yang menarik perhatian adalah "Indonesia dari Timur," karya kolaboratif dari dua sosok sineas berpengalaman, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Sihasale. Film ini menjadi karya penuh antusiasme yang diproduksi oleh Alenia Pictures berkolaborasi dengan Bhinneka Multi Media.

Setelah menjalani masa vakum dari industri perfilman Tanah Air, kehadiran kembali Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen dalam proyek film ini membawa harapan baru. Tema yang diangkat dalam "Indonesia dari Timur" berfokus pada dunia sepak bola, menjadi angin segar di tengah keragaman genre yang ada. Menurut laporan dari Antara, film ini menggambarkan sejauh mana cinta masyarakat Papua terhadap olahraga sepak bola. Bahkan, alur ceritanya terinspirasi oleh prestasi gemilang Tim Sepak Bola Putra dan Putri Papua dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada tahun 2021.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai film ini, mari kita simak sinopsisnya yang diilhami oleh perjuangan dan prestasi Tim PON Papua. Rangkuman ini akan membuka tabir mengenai cerita menarik yang dihadirkan oleh Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Sihasale dalam "Indonesia dari Timur."

Beranjak dari kisah nyata, film "Indonesia dari Timur" memaparkan semangat dan persatuan Indonesia melalui dunia sepak bola. Kisahnya mengikuti perjalanan seorang pilot senior bernama Edu, yang melayani rute perintis di Papua. Suatu hari, Edu diberikan tugas oleh Simon, pemilik perusahaan penerbangan, untuk membangun sebuah tim sepak bola. Tim ini akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen prestisius yang diadakan secara nasional.

Awalnya, Edu enggan menerima tugas tersebut, namun setelah beberapa pertimbangan, ia memberikan persetujuannya dengan syarat tertentu. Simon berjanji bahwa Edu akan memimpin sebuah anak perusahaan yang baru dibentuk, asalkan Edu berhasil mendirikan sebuah klub sepak bola remaja yang akan disponsori oleh perusahaan tersebut.

Konsep mereka tidak hanya berhenti pada pembentukan tim, tetapi juga mencakup pencarian bakat-bakat muda Papua yang tersebar tanpa bimbingan. Anak perusahaan Simon ingin membangun kebanggaan di sekitar tim sepak bola tersebut, menjadikannya simbol kepedulian yang dapat merawat harga diri masyarakat Papua.

Namun, perjuangan Edu tidak berjalan mulus, terutama ketika ia harus mengatasi ketidakpuasan para pemain yang sebelumnya dilatih oleh Coach John. Janji hadiah dari kemenangan turnamen sebelumnya tak kunjung ditepati oleh sponsor, yang menyebabkan para pemain merasa kecewa dan meninggalkan tim, membubarkan cita-cita mereka.

"Indonesia dari Timur" merupakan karya film yang dihasilkan oleh kerjasama perusahaan Alenia Pictures dan Bhinneka Multi Media, dibuat oleh pasangan sineas terkemuka Indonesia, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Sihasale.

Menurut informasi yang diambil dari laman Instagram Alenia, @alenia259, film ini menggelar penayangan perdana pada tanggal 9 Desember 2023 di XXI Epicentrum, Karet Kuningan, Jakarta. Meskipun acara tersebut sudah berlangsung, tanggal resmi penayangan di bioskop belum diumumkan secara detail.

Trailer resmi dari film "Indonesia dari Timur" telah dirilis di kanal YouTube Alenia Pictures pada tanggal 4 Desember 2023. Bintang-bintang ternama Indonesia seperti Ibnu Jamil, Donny Alamsyah, Damara Finch, Dinda Ghania, Marcelino Lefrandt, dan Ari Sihasale sendiri, yang tidak hanya menjadi sutradara tetapi juga berperan sebagai pemain dalam film ini.

Selain kehadiran para bintang tersebut, film yang berfokus pada tema sepak bola ini juga memberikan kesempatan bagi para talenta muda sepak bola dari Papua untuk diperkenalkan. Beberapa di antaranya adalah Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba, Michael Twenty, dan Rian Heipon, yang semuanya turut membawa warna dan semangat baru dalam dunia perfilman Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun