Otomotif

6 Tips dan Trik Saat Beli Mobil Bekas Kredit

11 Juli 2018   14:58 Diperbarui: 17 Juli 2018   14:26 2569 0 0
6 Tips dan Trik Saat Beli Mobil Bekas Kredit
beli mobil bekas

Leasing dan dealer memberikan penawaran yang sangat berbeda dalam menyediakan fasilitas kredit mobil bekas yang mereka tawarkan, hal tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki. dalam memilih leasing atau dealer sebagai jasa kredit yang kamu jadikan sebagai jasa perkreditan yang akan kamu gunakan.

Dalam membeli mobil mobil bekas kamu dituntut untuk memperhatikan banyak aspek yang harus kamu perhatikan, berbeda jika kamu membeli mobil yang baru. Hal ini karena cara perawatan mobil yang hendak kamu beli juga berpengaruh terhadap kondisi mobil yang akan kamu beli.

Tips Beli Mobil Bekas Kredit

Maka dari itu, kamu harus jeli dan teliti dalam melihat serta menilai kondisi mobil bekas yang hendak kamu beli supaya kamu tidak salah pilih. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tips di bawah ini sebelum kamu melakukan kredit mobil bekas.

  • Cari Referensi Mobil yang Mobil

Saat hendak membeli mobil bekas, usahakan untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya dan perbandingkan satu sama lain. Dengan begitu, kamu bisa memilih mobil yang paling sesuai dan cocok untuk kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk mengecek kenyamanan mobil ketika memilih mobil, hal ini supaya kamu merasakan kepuasan tersendiri setelah membeli mobil.

Selain memperhatikan mobil, kamu juga perlu mengetahui kondisi terakhir mobil karena hal ini berkaitan dengan keadaan mesin mobil dan komponen lainnya. Jangan sampai lengah dalam mengecek keadaan mobil, karena mobil rusak setelah kamu beli akan manjadikan kamu mengeluarkan banyak uang untuk biaya perawatan.

  • Hitung Secara Matang dan Pertimbangkan

Ketika melakukan kredit mobil, tidak hanya uang muka dan cicilan bulanan yang perlu kamu pikirkan, melainkan komponen pembayaran lain seperti jaminan fusida, asuransi kendaraan, biaya provisi, dan biaya perawatan rutin yang dilakukan secara rutin. Pikirkan dan pertimbangkan secara matang dana yang akan kamu keluarkan jika membeli mobil, jangan sampai membuat keuangan kamu menjadi kacau.

  • Perhatikan Jangka Waktu Cicilan

Umumnya angsuran kredit mobil bekas memiliki waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan jangka waktu angsuran mobil baru. Jadi, seharusnya kamu bisa melunasi cicilan mobil bekas kamu lebih cepat. Selain itu perlu kamu ketahui juga semakin cepat pelunasan cicilan mobil kamu, maka akan semakin cepat pula kamu terbebas dari biaya tanggungan angsuran setiap bulannya.

  • Persiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Ketika kamu mengajukan permohonan kredit terdapat beberapa berkas yang wajib kamu lampirkan. Adapun berkas persyaratan standarnya meliputi: fotocopi Kartu Keluarga (KK), fotocopi Kartu Keluarga (KTP), fotocopi rekening koran atau rekening tabungan, dan fotocopi bukti pembayaran pajak.

  • Perhatikan Suku Bunga

Suku bunga merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhitungkan sebelum melakukan kredit mobil bekas. Karena hal ini berpengaruh terhadap harga secara keseluruhan serta angsuran yang akan kamu bayarkan setiap bulan. perhitungannya, semakin lama jangka waktu angsuran yang kamu pilih, semakin besar pula bunga angsuran yang akan dibayarkan.

  • Cari Bonus

Meskipun biasanya bonus hanya ada pada pembelian mobil baru, namun terkadang terdapat pula dealer yang menawarkan bonus atau diskon pada penjualan mobil bekas. Jadi, tidak ada salahnya kamu menanyakan terdapat bonus atau tidak pada dealer tempat kamu membeli mobil bekas.

 Demikian beberapa tips beli mobil bekas kredit yang perlu kamu perhatikan agar dapat menghasilkan mobil yang sesuai dengan yang kamu harapkan.