Mohon tunggu...
Muhammad Robith Adani
Muhammad Robith Adani Mohon Tunggu... Lainnya - SEO Content Writer di Sekawan Studio

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Angkatan 2018 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Bekerja sebagai SEO Content Writer.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengembangan Web Profil Desa Sekarbanyu Melalui Platform Wordpress

25 Juli 2021   21:26 Diperbarui: 25 Juli 2021   22:08 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengembangan Web Profil Desa Sekarbanyu Melalui Platform Wordpress
web profil desa sekarbanyu

Website merupakan salah satu media pemasaran digital paling efektif saat ini. Salah satu manfaat dari pembuatan website sendiri adalah untuk mengenalkan produk, jasa, maupun brand suatu merek dagang / organisasi. Dari informasi tersebut, tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) UM 2021 Desa Sekarbanyu memutuskan untuk mengambil program kerja untuk pembuatan web profil desa supaya dapat membantu mengenalkan informasi umum dan sarana yang ada.

Penanggung jawab dari proker ini adalah Muhammad Robith Adani. Untuk proses awal pembuatan, kami mengumpulkan informasi terlebih dahulu berkaitan dengan yang berhubungan dengan geografis, fasilitas umum, dan alamat kontak dari Desa Sekarbanyu sendiri. Untuk minggu awal, kami berfokus untuk menyiapkan konten terlebih dahulu.

Masuk di bulan Juli, penanggung jawab (PJ) proker mulai membangun situs dengan menggunakan platform Wordpress. Menurut kami, Wordpress mempunyai banyak keunggulan, dimana proses pengembangan tidak membutuhkan waktu lama dan di versi yang free sudah tersedia paket hosting juga. Sehingga, kami bisa menghemat biaya pembayaran paket hosting setiap bulan/tahun -nya.

halaman tentang kami
halaman tentang kami

Langkah pertama, PJ mulai membuat domain situs dengan menggunakan .wordpress.com, dan berikutnya masuk pada menu dashboard dari Wordpress. Pada menu backend tersebut, kami mulai membuat beberapa halaman seperti menu beranda, tentang kami, blog, dan halaman kontak. 

menu blog di web desa sekarbanyu
menu blog di web desa sekarbanyu

Dalam Wordpress sendiri, anda tidak perlu memperhatikan dan mempelajari bahasa pemrograman, cukup hanya menggunakan teknik drag and drop saja, anda dapat membuat situs web sendiri. Fitur yang disediakan juga cukup banyak di versi gratis ini, mulai dari menu post, theme, page, media, jetpack, appearance, user, dan configuration.

Setelah semua halaman berhasil dibuat, langkah selanjutnya kami mulai membuat satu artikel untuk dimasukkan ke dalam blog page. Untuk topik yang kami bahas adalah sejarah dan asal-usul dari Desa Sekarbanyu. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat mengunjungi situs resmi dari web profil Desa Sekarbanyu disini.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan