Mohon tunggu...
ROBERTUS KARNO
ROBERTUS KARNO Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Putra kelahiran Peso, 15 November 1993.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menjadi Pribadi yang Lepas Bebas

23 September 2021   23:13 Diperbarui: 23 September 2021   23:24 38 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjadi Pribadi yang Lepas Bebas
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tuhan menciptakan kita dengan sangat istimewa. Kita dicipta-Nya seturut gambar dan rupa-Nya sendiri. Dia juga memberikan kita Roh-Nya supaya kita hidup (Kej 1). Oleh karena itu patutlah kita besrykur atas anugerah yang sangat istimewa itu. segala sesuatu Dia ciptakan untuk kebutuhan kita. Sperti alam yang indah yang darinya kita memperoleh apa yang kita butuhkandalam hidup.

Dalam bacaan Injil hari ini Tuhan mengutus para murid untuk mewartakan Injil. Kepada mereka diberikan-Nya tenaga dan kuasa untuk menguasai setan-setan dan menyembuhkan sakit penyakit. 

Namun Yesus meminta mereka agar mereka tidak membawa apa-apa dalam perjalanan. Jangan membawa bekal bahkan makanan dan pakaian pun tidak boleh dibawa : "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.

Menarik untuk merenungkan perkataan Yesus ini. Apakah mungkin menjalankan suatu perutusan tanpa membawa bekal? Tidakkah hal itu menyusahkan para murid dalam menjalankan tugas mereka. Secara manusiawi hal itu sangat tidak masuk akal dan tak mungkin dapat dilaksanakan.

Perkataan Yesus itu tidak dapat ditafsir secara harafiah. Ada suatu maksud tertentu yang mau disampaikan oleh penginjil. Yakni bahwa Yesus menghendaki agar para murid tidak terikat dengan barang-barang duniawi. Melainkan supaya mereka fokus dengan karya yang dieprcayakan kepada mereka. Tongkat, baju, bekal, roti atau uang merupakan simbol-simbol duniawi yang seringkali dikejar oleh manusia.

Tongkat adalah lambang-simbol kekuasaan-kemegahan duniawi. Yesus mengingatkan mereka agar tidak menjadi penguasa dan tidak berhasrat menjadi penguasa. 

Baju adalah lambang kebesaran-keagungan. Larangan membawa baju dimaksudkan agar para murid jangan terlena dengan kebesaran/nama baik. Roti simbol makanan. 

Supaya para murid membiasakan diri dengan pantang-puasa. Makanan yang sesungguhnya adalah melaksanakan Firman Tuhan sebagai sumber hidup. 

Dan Uang adalah simbol kekayaan-harta. Para murid diminta untuk tidak terlena dengan kekayaan-harta duniawi yang menjerumuskan seseorang pada hal-hal yang jahat. Dengan demkian ada tiga larangan utama yang hendak dinasehatkan oleh Yesus kepada para murid, yakni, Harta, Tahta dan Kuasa. 

Sebagai pengikut Kristus nasehat untuk para murid dalam bacaan Injil dapat kita teruskan dalam hidup harian kita. dalam dunia kita nasehat Yesus tentang jangan membawa tongkat, baju, roti dan uang sangat terasa dalam hidup kita. Manusia zaman ini sangat gila harta, kuasa dan tahta. Bahkan untuk meraih semua itu manusia rela mengorbankan banyak hal termasuk mengorbankan sesuatu yang berharga dalam dirinya. Manusia zaman ini berbanding terbalik dengan nasehat Yesus.

Yesus sebenarnya mengarahkan para murid kepada dunia eskatologis-dunia yang akan datang. Bahwa pada saat kamu datang-lahir di dunia ini kamu tidak membawa apa-apa. Begitu pun saat kamu pulang-beralih dari dunia ini kamu tidak akan membawa apa-apa. Sebab semuanya itu hanyalah materi yang dimakan ngengat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan