Mohon tunggu...
Robbi Gandamana
Robbi Gandamana Mohon Tunggu... Ilustrator

Facebook : https://www.facebook.com/robbi.belumfull -------- IG : https://www.instagram.com/robbigandamana/

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Album "PumpKings" adalah Refleksi Kekecewaan Roland Grapow pada Helloween

17 Januari 2018   14:17 Diperbarui: 18 Januari 2018   12:24 3842 10 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Album "PumpKings" adalah Refleksi Kekecewaan Roland Grapow pada Helloween
Ilustrasi: Powermetal.cl

Album "PumpKings" dari Masterplan ini sebenarnya bukan album gres, karena sudah dirilis sejak 28 Juli 2017 lalu. Materi di album ini adalah lagu-lagu lama karya Roland Grapow saat masih di Helloween (1991-2000). 

Jadi sebenarnya semua lagu di album ini adalah lagu cover milik Helloween dari album "Pink Bubble Go Ape" (1991) sampai "Dark Ride" (2000).

Lagu-lagu karya Roland Grapow selama di Helloween, tidak lagi dimainkan Helloween secara live karena 'alasan politis'. Roland Grapow mengistilahkan lagu-lagunya di Helloween itu adalah 'bayi'. Dengan meremix ulang ke album "Pumpkings", Roland Grapow bermaksud membawanya pulang ke jenis yang berbeda, yang dia katakan sebagai 'rumah'.

Apa pun alasan Roland Grapow, meremix ulang lagu Helloween itu bagiku cuma soal dagang. It's such a business! Secara musikal, album ini nggak beda jauh dari versi aslinya. Hanya sedikit lebih modern, walau Roland Grapow masih tetap pakai gitar Fender dan ampi Marshall tua. Perbedaan yang mendasar ada pada bagian vokal yang diisi oleh Rick Altzi.

Saya pribadi lebih suka versi aslinya (tentu saja). Rick Altzi benar-benar 'merusak' lagu "Mankind" yang aslinya dinyanyikan oleh Michael Kiske di album "Pink Bubble Go Ape" (1991). Menurutku lagu ini cocoknya dinyanyikan oleh Michael Kiske. Karena butuh vokal ber-oktaf tinggi untuk menyanyikannya . Rick Altzi bagus di power, tapi payah saat menjangkau nada tinggi.

Untuk yang belum tahu, sing wis eruh menengo yo. Masterplan adalah band bergenre Power Metal proyeknya Roland Grapow (gitaris) bersama Uli Kush (drummer) setelah dipecat dari Helloween.

Masterplan saat ini digawangi oleh Roland Grapow (gitar),  Axel Mackenrott (keyboard), Rick Altzi  (vokal), Jari Kainulainen (bass), dan Kevin Kott (drum). 

Di formasi awal pernah bertengger drumer top Uli Kusch dan Mike Terrana. Juga pernah disinggahi oleh Jorn Lande, vokalis dengan power vokal yang dahsyat jaya.

Roland Grapow dan Uli Kusch adalah mantan personil Helloween. Walau bukan formasi klasik, tapi kontribusi mereka di Helloween patut diacungi jempol 5. Album "Time of the Oath"(1996) adalah salah satu album dahsyat Helloween yang berhasil meraup banyak fans baru, anak-anak gaul metal abal-abal yang tahunya cuman lagu "Forever And One".

Makanya Roland Grapow kecewa ketika dia tidak diikutsertakan di Pumpkins United, proyek reuni personil Helloween. Sascha Gerstner, gitaris kemaren sore di Helloween malah diikutkan di proyek tersebut. Sedangkan Roland Grapow, personil jadul Helloween selama 9 tahun dilupakan. Juga Uli Kusch, drumer terbaik Helloween, yang bernasib sama dengan Roland.

Proyek Pumkins United menelurkan rekaman EP yang berjudul sama, dirilis pada 13 Oktober 2017. Dengan formasi klasik Kai Hansen (gitar), Michael Weikath (gitar), Michael Kiske (vokal), Markus Grosskopf (bass), Andi Deris (Vokal), ditambah 2 anak baru Sascha Gerstner (gitar) dan Daniel Lble (drum). Dilanjutkan dengan tur panjang bertajuk Pumkins United Tour.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x